Abstract:
Melakukan panggilan telepon merupakan salah satu aktivitas yang sering
dilakukan pada zaman sekarang untuk melakukan komunikasi dan saling tukar
informasi. Namun bagi penyandang tunarungu, hal tersebut merupakan salah
satu kendala terbesar yang dialami. Ketidakmampuan penyandang tunarungu
untuk melakukan komunikasi melalui panggilan telepon dapat mempengaruhi
mereka secara psikologis dan mempengaruhi quality of life.
Pada penelitian kali ini, akan dirancang sebuah prototipe aplikasi
smartphone untuk membantu penyandang tunarungu berkomunikasi melalui
panggilan telepon. Perancangan tersebut menggunakan prinsip atau pendekatan
partisipatif. Tahapan penelitian yang dilakukan adalah pengumpulan data dengan
teknik wawancara, perancangan alternatif konsep aplikasi menggunakan teknik
design workshop, pembuatan prototipe aplikasi menggunakan software Just in
Mind dengan level medium-fidelity prototype, dan terakhir evaluasi prototipe
aplikasi menggunakan usability testing.
Hasil evaluasi menunjukkan tingkat efisiensi prototipe aplikasi rata-rata
sudah di atas 70%. Tingkat efektivitas rata-rata sudah di atas 70% juga, namun
terdapat satu tugas yang nilainya masih di bawah 70% sehingga diperlukan
perbaikan. Nilai System Usability Scale (SUS) sebagai hasil penilaian subjektif
adalah sebesar 71,42 yang artinya prototipe aplikasi sudah dapat diterima
dengan baik. Proses evaluasi menghasilkan tujuh usability problems yang
selanjutnya akan dibuat usulan perbaikan berdasarkan usability problems
tersebut.