Abstract:
CV MD Sport merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang industri
olahraga. Salah satu produk olahraga yang ditawarkan oleh CV MD Sport yaitu produk
deker. Deker merupakan produk yang berfungsi untuk melindungi tulang kering pada
saat bermain bola. Seiring berjalannya waktu penjualan produk deker pada CV MD Sport
mengalami penurunan. Penurunan penjualan diakibatkan oleh banyaknya produk
pesaing yang bermunculan. Untuk tetap bisa bersaing dengan para kompetitor diperlukan
perubahan produk yang sesusai dengan preferensi konsumen.
Dalam menentukan produk deker yang sesuai dengan preferensi konsumen
metode yang akan digunakan yaitu choice based conjoint. Metode ini digunakan untuk
melihat kombinasi produk deker yang sesuai dengan preferensi konsumen. Metode
estimasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah hierarchical bayes. Usulan yang
akan diberikan kepada perusahaan berupa kombinasi produk deker yang sesuai dengan
preferensi konsumen.
Hasil dari choice based conjoint yang telah dilakukan berupa usulan kombinasi
produk deker yang sesuai dengan preferensi konsumen. Atribut harga level yang sesuai
dengan prefensi konsumen adalah Rp 23.000,00. Atribut bahan level yang disukai oleh
konsumen deker yang memiliki bahan fleksibel. Atribut ukuran level yang sesuai prefensi
konsumen yaitu ukuran deker wide. Pada atribut bentuk, bentuk deker yang dimintai oleh
konsumen yaitu deker yang memiki bentuk kanan dan kiri sama. Pada atribut model level
yang sesuai dengan preferensi konsumen yaitu deker yang memiliki model tanpa tali
pengikat.