Abstract:
Bandung merupakan salah satu kota wisata yang terkenal dengan wisata
kuliner. Oditi merupakan salah satu bisnis kuliner di Bandung yang mulai beroperasi pada
September 2017. Pertumbuhan bisnis kuliner yang terus meningkat menyebabkan
persaingan pada bisnis coffee shop semakin ketat. Oditi merupakan coffee shop baru,
sehingga Oditi belum memiliki perencanaan bisnis yang tepat. Perencanaan bisnis
sangatlah penting agar dapat memberikan keuntungan sehingga ciri khas, moda, serta
sumber daya yang tersedia dapat beroperasi secara optimal. Proses yang dilakukan
dalam melakukan perencanaan bisnis ialah dengan melakukan analisa target pasar dan
pemasaran, aspek finansial, dan aspek teknis dan operasional
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan perencanaan bisnis Oditi
yang tepat agar dapat beroperasi, bertahan dan memajukan bisnisnya. Pada bagian awal
penelitian akan dijabarkan deskripsi bisnis dan proses identifikasi masalah. Selanjutnya
akan dilakukan penentuan solusi alternatif : aspek pasar dan pemasaran yang terdiri dari
segmenting, targeting, dan positioning (STP) dan marketing mix. Dalam hal ini, solusi
yang dihasilkan akan dianalisa berdasarkan tujuan, dan hasil dari proses identifikasi
masalah agar solusi yang dihasilkan dapat menyelesaikan permasalahan yang telah
teridentifikasi. Aspek finansial terdiri dari perencanaan biaya awal, perencanaan biaya
peralatan, serta perhitungan laporan laba rugi dan analisa rasio keuangan Oditi.
Perencanaan bisnis yang dibuat tersebut akan divisualisasikan dengan membuat
business lean canvas. Aspek operasional terdiri dari perencanaan lokasi, perencanaan
peralatan dan fasilitas, perencanaan sumber daya manusia (SDM), perencanaan
standard operational procedure (SOP), dan perencanaan key metrics Oditi.
Berdasarkan hasil pemetaan yang dilakukan dengan business lean canvas,
didapatkan hasil dari masing-masing emelen. Elemen-elemen yang dihasilkan
merupakan hasil dari setiap perencanaan aspek yang telah dilakukan. Perencanaan
aspek pasar diidentifikasikan segmentasi pasar hangout sebagai target utama pasar dari
Oditi. Berdasarkan target utama pasar tersebut, dirancang strategi pemasaran yaitu
dengan melakukan promosi dengan menggunakan media sosial serta melakukan sales
promotion. Perencanaan finansial dianalisis berdasarkan tiga buah skenario keuangan
berupa skenario pessimistic, skenario most likely, dan skenario optimistic berdasarkan
asumsi-asumsi yang telah ditentukan. Perencanaan aspek operasional menghasilkan
perencanaan pada lokasi, peralatan dan fasitlitas, sumber daya manusia, standard
operational procedure pemesanan kopi, dan key metrics. Setiap perencanaan yang
dilakukan agar dapat sesuai dengan harapan pemilik.