Penentuan tarif optimal layanan kereta api penumpang antarkota X

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pratikto, Fransiscus Rian
dc.contributor.author Nindita, Ratih
dc.date.accessioned 2018-05-21T06:14:16Z
dc.date.available 2018-05-21T06:14:16Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp35588
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5963
dc.description 4592 - FTI en_US
dc.description.abstract PT. KAI merupakan perusahaan yang menyediakan jasa kereta api dan berorientasi pada laba. Untuk bertahan di tengah persaingan yang ketat antarmoda transportasi, diperlukan strategi differential pricing. Differential pricing sedang dilakukan oleh pihak perusahaan. Dalam memaksimalkan profitabilitas, terdapat satu aspek penting yaitu total kontribusi. Penelitian ini difokuskan pada penentuan tarif optimal untuk memaksimalkan total kontribusi pada salah satu layanan kereta api penumpang antarkota, yaitu Kereta Api X kelas eksekutif. Dalam menentukan tarif optimal, terdapat beberapa tahap yang perlu dilakukan, yaitu menentukan tujuan penetapan tarif, penentuan probabilitas willingness to pay (WTP), penentuan permintaan, perkiraan incremental cost, dan penentuan tarif optimal. Penentuan probabilitas WTP dilakukan berdasarkan metode choice-based conjoint analysis. Penentuan tarif dilakukan secara enumerasi. Berdasarkan penentuan tarif secara enumerasi tersebut, terdapat 2 usulan tarif optimal yang memaksimalkan total kontribusi kelas eksekutif Kereta Api X. Usulan pertama tarif optimal yang dapat memaksimalkan total kontribusi kelas eksekutif Kereta Api X berdasarkan tarif batas atas yang berlaku saat ini yaitu Rp 140.000,- untuk subkelas A, Rp 130.000,- untuk subkelas H, Rp 120.000,- untuk subkelas I, dan Rp 85.000,- untuk subkelas J dengan total kontribusi yaitu sebesar Rp 17.790.000,- per hari per kereta. Usulan kedua tarif optimal yang dapat memaksimalkan total kontribusi kelas eksekutif Kereta Api X berdasarkan peluang menetapkan tarif hingga diluar TBA yaitu Rp 255.000,- untuk subkelas A, Rp 200.000,- untuk subkelas H, Rp 120.000,- untuk subkelas I, dan Rp 85.000,- untuk subkelas J dengan total kontribusi yaitu sebesar Rp 21.365.000,- per hari per kereta. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Penentuan tarif optimal layanan kereta api penumpang antarkota X en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013610031
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0429017501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account