Perancangan prototype aplikasi mobile untuk olahraga bridge

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yogasara, Thedy
dc.contributor.author Setyawan, Benediktus Pudyastawa
dc.date.accessioned 2018-05-21T03:01:18Z
dc.date.available 2018-05-21T03:01:18Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp35636
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5952
dc.description 4640 - FTI en_US
dc.description.abstract Bridge adalah salah satu olahraga otak yang cukup populer di dunia. Akan tetapi pemain bridge di Indonesia mengalami beberapa kendala untuk tetap bermain bridge. Salah satu kendala adalah waktu yang tersedia untuk bisa bermain, karena kebanyakan pemain bridge memiliki aktivitas yang harus dilakukan pada pagi sampai dengan sore sehingga kebanyakan aktivitas komunitas bridge berlangsung malam hari. Namun tidak semua pemain bisa berkumpul untuk latihan atau bermain karena sudah terlalu lelah ataupun karena tempat latihan komunitas yang terlalu jauh. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini akan merancang sebuah mobile application yang dapat membantu pemain bridge di Indonesia. Langkah pertama yang dilakukan adalah mengidentifikasi kebutuhan dari pemain dan komunitas bridge melalui wawancara terhadap beberapa responden yang memenuhi kriteria. Berdasarkan identifikasi kebutuhan, dikembangkan dua buah rancangan konsep aplikasi. Kedua konsep dievaluasi oleh responden dan rancangan terbaik selanjutnya dikembangkan menjadi prototipe menggunakan aplikasi Justinmind. Prototipe tersebut dievaluasi dengan melibatkan beberapa responden menggunakan metode usability testing dan kuesioner System Usability Scale (SUS). Berdasarkan hasil evaluasi prototipe, terdapat perbaikan-perbaikan yang dilakukan. Evaluasi final dari rancangan aplikasi hasil perbaikan dilakukan dengan menggunakan metode usability testing dan kuesioner SUS dengan melibatkan responden yang berbeda. Dari hasil evaluasi prototipe yang telah diperbaiki, tidak ditemukan aspek yang memiliki efficiency score dan effectiveness score dibawah 70% sehingga prototipe yang telah diperbaiki ini dinilai telah memenuhi kebutuhan pemain bridge di Indonesia. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perancangan prototype aplikasi mobile untuk olahraga bridge en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2012610095
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0412027501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account