Usulan perbaikan promosi instagram berdasarkan analisis sikap konsumen online terhadap produk WRP di Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Loice, Romy
dc.contributor.advisor Tanara, Monika S.
dc.contributor.author Lamiastuti, Yosefine Nugrahening
dc.date.accessioned 2018-05-21T02:51:32Z
dc.date.available 2018-05-21T02:51:32Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp35635
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5951
dc.description 4639 - FTI en_US
dc.description.abstract Produk WRP merupakan produk pendukung penurun berat badan yang dikeluarkan oleh PT. Nutrifood Indonesia. Kota Bandung merupakan kota yang memiliki target penjualan produk WRP paling besar dari kota-kota yang ada di Jawa Barat, namun hasil penutupan penjualan tahun 2015, pangsa pasar (marketshare) kota Bandung berada di bawah kota Bogor dan Bekasi. Saat ini perusahaan sudah melakukan pemasaran melalui media sosial, salah satunya Instagram WRP (@WRPdiet_official). Dari hasil observasi awal yang dilakukan terhadap 52 responden, sebanyak 98% responden aktif menggunakan Instagram, namun hanya 4% dari responden yang mengikuti (follow) Instagram WRP. Dilihat dari fenomena di atas perlu adanya penyesuaian strategi pemasaran yang dilakukan dari media sosial Instagram WRP. Tujuan penelitian ini adalah memberikan usulan peningkatan terhadap Instagram WRP dengan mengetahui terlebih dahulu sikap konsumen online terhadap produk WRP dillihat dari Instagram WRP serta evaluasi Instagram WRP saat ini. Untuk mengetahui hal tersebut, kuesioner disebarkan ke 384 responden wanita di kota Bandung. Setelah itu, sikap konsumen online dipetakan ke sebuah garis yang dibagi ke 6 kelas yang membagi klasifikasi dari sangat tidak positif sampai sangat positif. Untuk mengevaluasi kondisi Instagram saat ini terdapat 5 variabel dengan pemecahan menjadi 26 atribut yang dihasilkan dari studi literatur dan wawancara. Metode yang digunakan untuk mengevaluasi masing-masing atribut pada penelitian ini adalah dengan perhitungan regresi berganda (Multiple Regression). Hasil dari penelitian ini adalah sikap konsumen online di kota Bandung terhadap produk WRP sudah positif. Namun terdapat indikasi kurangnya kesadaran (awareness) terhadap Instagram WRP. Sedangkan untuk evaluasi Instagram WRP saat ini dihasilkan terdapat 3 variabel yang signifikan berpengaruh terhadap sikap konsumen online. Adapun usulan yang diberikan, berupa peningkatan dari masing-masing atribut yang berpengaruh. Terdapat 16 usulan yang diberikan dan sudah diterima serta akan diimplementasi di Instagram WRP. Diharapkan dari usulan-usulan yang diberikan ini dapat meningkatkan kinerja Instagram WRP secara lebih seksama sehingga dapat memicu sikap konsumen online di kota Bandung terhadap produk WRP menjadi lebih positif sehingga tertarik untuk menggunakan produk WRP sebagai produk pendukung penurun berat badan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan perbaikan promosi instagram berdasarkan analisis sikap konsumen online terhadap produk WRP di Kota Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2012610059
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0418048102
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account