Abstract:
Produk WRP merupakan produk pendukung penurun berat badan yang dikeluarkan oleh PT.
Nutrifood Indonesia. Kota Bandung merupakan kota yang memiliki target penjualan produk WRP paling
besar dari kota-kota yang ada di Jawa Barat, namun hasil penutupan penjualan tahun 2015, pangsa
pasar (marketshare) kota Bandung berada di bawah kota Bogor dan Bekasi. Saat ini perusahaan sudah
melakukan pemasaran melalui media sosial, salah satunya Instagram WRP (@WRPdiet_official). Dari
hasil observasi awal yang dilakukan terhadap 52 responden, sebanyak 98% responden aktif
menggunakan Instagram, namun hanya 4% dari responden yang mengikuti (follow) Instagram WRP.
Dilihat dari fenomena di atas perlu adanya penyesuaian strategi pemasaran yang dilakukan dari media
sosial Instagram WRP. Tujuan penelitian ini adalah memberikan usulan peningkatan terhadap
Instagram WRP dengan mengetahui terlebih dahulu sikap konsumen online terhadap produk WRP
dillihat dari Instagram WRP serta evaluasi Instagram WRP saat ini. Untuk mengetahui hal tersebut,
kuesioner disebarkan ke 384 responden wanita di kota Bandung. Setelah itu, sikap konsumen online
dipetakan ke sebuah garis yang dibagi ke 6 kelas yang membagi klasifikasi dari sangat tidak positif
sampai sangat positif. Untuk mengevaluasi kondisi Instagram saat ini terdapat 5 variabel dengan
pemecahan menjadi 26 atribut yang dihasilkan dari studi literatur dan wawancara. Metode yang
digunakan untuk mengevaluasi masing-masing atribut pada penelitian ini adalah dengan perhitungan
regresi berganda (Multiple Regression). Hasil dari penelitian ini adalah sikap konsumen online di kota
Bandung terhadap produk WRP sudah positif. Namun terdapat indikasi kurangnya kesadaran
(awareness) terhadap Instagram WRP. Sedangkan untuk evaluasi Instagram WRP saat ini dihasilkan
terdapat 3 variabel yang signifikan berpengaruh terhadap sikap konsumen online. Adapun usulan yang
diberikan, berupa peningkatan dari masing-masing atribut yang berpengaruh. Terdapat 16 usulan yang
diberikan dan sudah diterima serta akan diimplementasi di Instagram WRP. Diharapkan dari usulan-usulan
yang diberikan ini dapat meningkatkan kinerja Instagram WRP secara lebih seksama sehingga
dapat memicu sikap konsumen online di kota Bandung terhadap produk WRP menjadi lebih positif
sehingga tertarik untuk menggunakan produk WRP sebagai produk pendukung penurun berat badan.