Abstract:
Perubahan gaya hidup konsumen berdampak pada peningkatan pembelian secara online. Dengan peningkatan tersebut, online consumer review menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan dalam keputusan pembelian konsumen terutama generasi millenial yang menjadi pemeran utama dalam penyebab peningkatan tersebut di Indonesia. Online consumer review merupakan jenis lain dari word-of-mouth yang menyebar melalui internet sehingga lebih tepat dikatakan sebagai electronic word-of-mouth. Penelitian ini menguji pengaruh dari online consumer review sebagai electronic word-of-mouth dalam keputusan pembelian generasi millenial di Bandung terhadap produk gadget di Tokopedia. Pengujian dilakukan terhadap 120 konsumen Tokopedia dan diolah menggunakan program SPSS dengan uji regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini mengatakan bahwa dimensi yang signifikan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian adalah argument quality dan valence, dimana argument quality adalah dimensi yang paling berpengaruh. Kontribusi online consumer review dalam menjelaskan keputusan pembelian dalam penelitian ini sebesar 26,2%.