dc.description.abstract |
Perusahaan kosmetik Sephora mengikuti perubahan perilaku konsumen dengan menerapkan
strategi multichannel dimana perusahaan menggunakan online store dan offline store untuk
mempelajari perilaku konsumen lewat toko digital dan toko fisik secara langsung. Sephora
merupakan perusahaan specialty beauty retailer, pada perusahaan retail sangat penting bagi
perusahaan menerapkan marketing mix untuk mempengaruhi niat beli konsumen.
Berdasarkan hasil preliminary research bauran pemasaran yang mempengaruhi
setiap saluran berbeda- beda, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh variable marketing mix yang paling signifikan terhadap niat beli pada setiap saluran
yaitu online store dan offline store.
Analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. Populasi dalam
penelitian ini adalah wanita yang menyukai produk kosmetik di Kota Bandung yang pernah
membeli produk kosmetik Sephora secara online ataupun offline. Pemilihan sampel dalam
penelitian ini menggunakan metode judgment sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100
orang responden.
Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan variable bauran pemasaran yang
paling berpengaruh secara signifikan terhadap online store Sephora adalah physical evidence,
process, place dan promotion dengan kontribusi sebesar 69.2% sedangkan pada offline store
variable bauran pemasaran yang paling berpengaruh secara signifikan adalah physical
evidence, process dan people dengan kontribusi sebesar 75.5%. Perusahaan Sephora sebaiknya
memfokuskan pelayanan terhadap variable- variable tersebut sehingga kebutuhan setiap target
konsumen pada kedua saluran dapat terpenuhi dengan baik. |
en_US |