Abstract:
Untuk mengelola sebuah restoran, diperlukan karyawan untuk memberikan pelayanan prima agar perusahaan mempunyai reputasi baik di mata konsumen. Karyawan yang merasa lingkungan di perusahaannya tidak kondusif dan tidak merasa puas akan mencari alternatif perusahaan lain. Kepuasan kerja merupakan hal penting bagi perusahaan karena dapat mengurangi turnover intention dengan mempertimbangkan iklim organisasi sebagai pembentuk kepuasan kerja. Semakin kondusif iklim organisasi dan tingginya tingkat kepuasan kerja akan berdampak pada rendahnya tingkat turnover intention karyawan sebuah perusahaan.
Penelitian dilakukan di Babakaran Camp Resto Bandung dengan menyebarkan kuesioner pada seluruh karyawan yang berjumlah 50 orang. Metode penelitian yang dilakukan adalah wawancara tidak terstruktur, observasi, dan kuesioner. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh iklim organisasi terhadap turnover intention dengan kepuasan kerja sebagai intervening. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Dari data kuesioner kemudian diolah dan di analisis menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan pada kepuasan kerja karyawan, kepuasan kerja berpengaruh negatif dan signifikan pada turnover intention karyawan, dan iklim organisasi berpengaruh negatif dan signifikan pada turnover intention pada Babakaran Camp Bandung.