Dampak strategi pertumbuhan terhadap kinerja PT. MNC Sky Vision, Tbk.

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tan Lian Soei, Catharina
dc.contributor.author Parapat, Airien
dc.date.accessioned 2018-05-07T06:32:31Z
dc.date.available 2018-05-07T06:32:31Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp35420
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5854
dc.description 22891 - FE en_US
dc.description.abstract Melihat adanya peluang pertumbuhan pada industri televisi berlangganan yang seiring dengan berkembangnya teknologi, PT MNC Sky Vision Tbk. sebagai salah satu penyedia jasa televisi berlangganan memilih untuk melakukan strategi pertumbuhan untuk mencapai tujuannya yaitu mempertahankan posisinya sebagai penguasa pangsa pasar televisi berlangganan di Indonesia. Sejak tahun 2012 hingga tahun 2016 Perusahaan berhasil mencatatkan pendapatan yang stabil, peningkatan jumlah pelanggan, dan mempertahankan posisinya sebagai penguasa pangsa pasar hingga tahun 2016, selain itu Perusahaan juga selalu mencatatkan kerugian di sepanjang tahun 2013 hingga tahun 2016. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis merumuskan masalah, yaitu apa tujuan dan strategi pertumbuhan PT MNC Sky Vision Tbk, bagaimana evaluasi kinerja PT MNC Sky Vision Tbk dan dampak dari strategi pertumbuhan yang telah dilakukan terhadap kinerja PT MNC Sky Vision Tbk. Metode penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang didapat melalui teknik pengumpulan data studi pustaka terhadap buku-buku ilmiah, laporan penelitian, serta data-data yang dipublikasikan oleh pihak Perusahaan. Data diperoleh dan dianlisis melalui analisis strategi dan analisis kinerja yang kemudian dihubungkan dan dibandingkan untuk mengetahui dampaknya. Analisis strategi dilakukan dengan membandingkan kondisi-kondisi aktual Perusahaan dengan kondisi-kondisi yang membuat pemilihan satu strategi menjadi strategi yang efektif. Analisis kinerja Perusahaan dilakukan melalui analisis kinerja keuangan dan non keuangan. Analisis kinerja keuangan yang dilakukan adalah analisis arus kas, analisis horizontal dan vertikal, dan analisis rasio keseluruhan. Sedangkan, analisis kinerja non keuangan dilakukan dengan menganalisis pangsa pasar, corporate image index, dan top brand index. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil yang diperoleh menggambarkan bahwa strategi pertumbuhan yang dilakukan PT MNC Sky Vision Tbk. pada tahun 2012 hingga tahun 2016 adalah strategi market penetration, product development, dan market development. Penetapan strategi pertumbuhan yang dilakukan seharusnya dapat membantu Perusahaan dalam mencapai tujuannya, namun kenyataannya penetapan strategi tersebut belum bisa membantu perusahaan mencapai tujuannya. Hasil atas Aset (HAA) dan Hasil atas Ekuitas (HAE) cenderung mengalami penurunan. Jika melihat dari sisi non keuangan, yaitu pangsa pasar, corporate image index, dan top brand index posisi perusahaan masih menduduki sebagai pemimpin industri televisi berlangganan. Namun pada analisis pangsa pasar, perusahaan terus mengalami penurunan jumlah pangsa pasarnya. Saran yang dapat diberikan adalah : (1) Meningkatkan jumlah penjualan Perusahaan, dengan cara memaksimalkan kegiatan pemasaran. (2) Melakukan evaluasi kinerja setiap merek Perusahaan dan melakukan riset terhadap target konsumen. (3) Melakukan riset terlebih dahulu terhadap daerah distribusi baru. (4) Upaya pengalihan risiko dengan melakukan hedging. en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Strategi pertumbuhan en_US
dc.subject analisis kinerja en_US
dc.subject HAE en_US
dc.subject HAA en_US
dc.subject pangsa pasar en_US
dc.subject corporate image index en_US
dc.subject top brand index en_US
dc.title Dampak strategi pertumbuhan terhadap kinerja PT. MNC Sky Vision, Tbk. en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013120125
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0408026002
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account