Abstract:
Perubahan gaya hidup manusia terjadi secara waktu ke waktu disesuaikannya dengan kondisi dari lingkungan. Dengan perubahan gaya hidup juga tentu akan mempengaruhi konsumen dalam pemilihan sepatu olahraga. Sebuah sepatu olahraga memiliki nilai-nilai penting yang perlu dipenuhi salah satunya adalah kualitas produk. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kepuasan konsumen atas Kualitas Produk terhadap terhadap Niat Beli Ulang Sepatu Olahraga FILA.
Variabel penelitian dan dimensi kualitas produk menurut Mullins, walker, boyd & larreche (2005:422) terdiri dari : Performance (kinerja), Durability (daya tahan), Conformance to specifications (kesesuaian dengan spesifikasi), Features (fitur), Reliability (reliabilitas), Aesthetics(estetika), dan Perceived quality (kesan kualitas). Dan variabel penelitian niat beli ulang mengacu pada definisi menurut Ferdinand (2002:129).
Penelitian ini menggunakan metode uji hipotesis yang mengacu pada Sekaran dan Bougie (2010:108) yaitu mengukur bagaimana variabel-variabel bebas / variabel X (kepuasan konsumen atas kualitas sepatu olahraga FILA) mempengaruhi variabel Y (Niat beli ulang) dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, studi pustaka dan kuesioner yang disebarkan kepada 100 orang responden dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk memperoleh gambaran mengenai situasi yang terjadi dan analisis regresi berganda
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:
1. Tingkat Kepuasan konsumen atas kualitas produk sepatu olahraga FILA dinilai sebagai berikut :
• Responden merasa cukup puas akan Performance dari Sepatu Olahraga FILA.
• Responden merasa kurang puas akan Durability dari Sepatu Olahraga FILA
• Responden merasa kurang puas akan Conformance dari Sepatu Olahraga FILA
• Responden merasa kurang puas akan Features dari Sepatu Olahraga FILA
• Responden merasa cukup puas akan Reliability dari Sepatu Olahraga FILA
• Responden merasa kurang puas akan Aesthetics dari Sepatu Olahraga FILA
• Responden merasa kurang puas akan Perceived quality dari Sepatu Olahraga FILA
Kepuasan konsumen atas kualitas produk memberikan pengaruh sebesar 72% terhadap niat beli ulang konsumen pada sepatu olahraga FILA dan diantara dimensi-dimensi kualitas produk yang memberikan pengaruh signifikan adalah kepuasan atas Performance (0,182), Durability (0,233), Conformance (0,200), Features (0,207), Aesthetics (0,186), dan perceived quality (0,159), sedangkan kepuasan atas Reliability tidak memberikan pengaruh secara signifikan.