dc.description.abstract |
Dalam industri kreatif, media dan online advertisement Banget Media
Network (BMN) merupakan perusahaan pendatang baru yang didirikan di Kota Bandung pada
13 Februari 2015, perusahaan ini pada mulanya berbasis komunitas dan hingga saat ini sudah
beralih menjadi online media commercial. BMN berkantor pusat di Bandung yang kemudian
dipilih menjadi objek penelitian dan memiliki karyawan sebanyak 35 orang.
Dalam penelitian ini yang ingin diketahui adalah pengaruh antara variabel
person job fit dan employee engagement terhadap intention to leave. Topik tersebut dianggap
cocok dengan fenomena dan masalah yang terjadi di Banget Media Network. Namun dalam
penelitian ini diketahui pula tingkat dan kondisi dari ketiga variabel tersebut di Banget Media
Network.
Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian kuantitatif
sedangkan dilihat dari tujuannya, penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan
hubungan kausal antara variabel – variabel yang mempengaruhi hipotesis. Data primer yang
menunjang penelitian ini didapatkan melalui hasil wawancara dengan pimpinan BMN serta
dengan menyebarkan kuisioner kepada pegawai BMN.
Hasil yang diketahui dalam penelitian ini adalah tingkat person job fit dan employe
engagement yang tinggi. Sedangkan tingkat pada variabel intention to leave yang sedang dan
masih pada kondisi wajar dalam suatu perusahaan.
Hasil lain yang didapatkan dalam penelitian ini melalui uji regresi, diketahui
bahwa ada pengaruh negatif dan signifikan antara variabel person job fit terhadap variabel
intention to leave. Lalu diketahui bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara variabel
employee engagement dengan variabel intention to leave di Banget Media Network. Maka
dapat diartikan bahwa tidak ada pengaruh langsung antara employee engagement terhadap
intention to leave namun ada pengaruh langsung antara person job fit terhadap intention to
leave di Banget Media Network. |
en_US |