dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap produk private label, niat beli konsumen terhadap produk private label, dan pengaruh customer perceived value (nilai yang dipersepsikan konsumen) terhadap niat beli konsumen terhadap produk private label dan melihat dimensi apa saja yang berpengaruh dan tidak berpengaruh terhadap niat beli konsumen pada produk private label.
Menurut Sweeney dan Soutar (2001:211) dimensi customer perceived value dibagi menjadi empat yaitu: emotional value, social value, quality value dan price/value of money. Chen dan Chang (2012:508) dalam penelitiannya terdahulu menyebutkan bahwa adanya hubungan antara customer perceived value dengan niat beli. Niat beli sendiri menurut Kotler (2005:89) terbagi dimensinya menjadi niat transaksional, niat preferensial, dan niat eksploratif.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian adalah konsumen toko ritel yang mengetahui tapi belum pernah mengkonsumsi produk private label. Data dikumpulkan melalui kuesioner terhadap 100 orang responden dengan menggunakan metode convenience sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda untuk melihat pengaruh kedua variable.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi konsumen terhadap emotional value, social value, dan quality value bernilai sedang dan memiliki pengaruh signifikan terhadap niat beli. Namun price/value of money dipersepsikan baik dan tidak memiliki pengaruh signifikan dengan niat beli yang bernilai sedang pada produk private label. Niat beli responden terhadap produk private label cenderung sedang sejalan dengan 3 variable signifikan. |
en_US |