dc.description.abstract |
Tujuan utama dari para pebisnis kafe adalah mendapatkan laba dari hasil
investasi yang dilakukannya. Menurut Ketua Asosiasi Kafe dan Restoran (AKAR)
Kota Bandung, pada juni 2013 terdapat 627 kafe resmi yang terdaftar, sedangkan
jumlah kafe yang tidak memiliki izin diperkirakan sebanyak 2373 tempat. Pada tahun
2016 diperkirakan lebih dari 5000 kafe telah beroperasi secara resmi maupun tidak
resmi. Berdasarkan data tersebut, terlihat bahwa bisnis kafe memiliki ruang lingkup
persaingan yang sangat ketat diakibatkan banyaknya pesaing-pesaing bisnisyang
baru. Oleh karena itu diperlukan strategi yang baik untuk mengelola kafe agar
mampu bersaing dengan kafe-kafe lain.
Cafe Southville merupakan salah satu Cafe yang beroperasi di Kota Bandung,
dengan menyajikan style masakan Chinesse-Australia. Namun, Cafe Southville
sebagai perusahaan jasa belum mampu memberikan pelayanan yang meninggalkan
kesan baik di benak konsumen. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan yang diberikan Cafe Southville
mempengaruhi loyalitas Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda
untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan mempengaruhi loyalitas konsumen.
Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan judgemental sampling dengan
dengan pertimbangan sample adalah orang yang pernah menggunakan jasa Cafe
Southville. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 100 orang.Terdapat lima
dimensi dalam kualitas pelayanan. Kelima dimensi tersebut adalah tangible,
emphaty, reliability, assurance, dan responsiveness. Pada penelitian ini, kelima
dimensi tersebut secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
konsumen.. Pada penelitian ini, kualitas pelayanan memiliki pengaruh sebesar 51,2%
terhadap loyalitas pelanggan. Sehingga dapat dikatakan kualitas pelayanan memiliki
kontribusi yang besar dalam membentuk loyalitas pelanggan. Dengan demikian, Cafe
Southville sebaiknya memperbaiki indikator-indikator yang dipersepsikan kurang
baik oleh pelanggan sehingga pelanggan tidak akan ragu untuk menggunakan jasa
Cafe Southville kembali. |
en_US |