dc.contributor.advisor |
Situmorang, James Rianto |
|
dc.contributor.author |
Primahati, Valeria Anggita |
|
dc.date.accessioned |
2018-05-04T04:31:31Z |
|
dc.date.available |
2018-05-04T04:31:31Z |
|
dc.date.issued |
2017 |
|
dc.identifier.other |
skp35125 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/5758 |
|
dc.description |
7916 - FISIP |
en_US |
dc.description.abstract |
Perkembangan dunia kesehatan khususnya dalam hal teknologi saat ini berjalan dengan pesat. Hal ini terlihat dengan adanya sejumlah laboratorium klinik yang memudahkan masyarakat untuk memeriksakan kesehatan khususnya melaksanakan pemeriksaan spesimen klinik untuk mendapatkan informasi tentang kesehatan perorangan terutama untuk menunjang upaya diagnosis penyakit, penyembuhan penyakit, dan pemulihan kesehatan. Salah satu laboratorium klinik di Indonesia yaitu Pramita yang lebih dari empat tahun masuk dalam kategori TOP BRAND AWARD sebagai merek yang terkenal dan memiliki jumlah konsumen yang banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari brand image terhadap proses keputusan pembelian jasa laboratorium klinik.
Metode penelitian yang dilakukan menggunakan metode survei dengan jenis penelitian explanatory research. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 272 responden yang merupakan konsumen yang sebelumnya pernah melakukan pemeriksaan kesehatan di laboratorium klinik Pramita, cabang Moh Toha, kota Bandung dengan menggunakan purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, pengujian hipotesis dan analisis koefisien determinasi.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa brand image laboratorium klinik Pramita mempengaruhi proses keputusan pembelian sebesar 44.2%. Dari hasil penelitian menunjukkan variabel brand image dan proses keputusan pembelian berada dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian, tiga pernyataan yang memiliki nilai tertinggi adalah “Warna merah pada logo mudah dibedakan dengan merek lain”, “Pramita memiliki jenis pemeriksaan yang lengkap”, dan “Slogan Pramita “Mengutamakan Kualitas Diagnosis & Pelayanan” membuat percaya pada pelayanannya yang terbaik”.
Dari hasil penelitian ini terdapat dua pernyataan yang memiliki nilai terendah, yaitu “Pramita menawarkan diskon / promo”, disarankan untuk memperluas media promosi dan meningkatkan sosialisasi. Dan “Periksa di Pramita suatu hal yang membanggakan”, disarankan untuk meningkatkan kinerja pelayanan SDM dan teknologi agar menjadi market leader dalam hal laboratorium klinik. |
en_US |
dc.subject |
brand image |
en_US |
dc.subject |
proses keputusan pembelian |
en_US |
dc.subject |
laboratorium klinik |
en_US |
dc.subject |
Pramita |
en_US |
dc.title |
Pengaruh brand image terhadap proses keputusan pembelian jasa Laboratorium Klinik Pramita, cabang Moh. Toha, Kota Bandung |
en_US |
dc.type |
Undergraduate Theses |
en_US |
dcterms.publisher |
Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR |
|
dc.identifier.nim/npm |
NPM2012320161 |
|
dc.identifier.nidn/nidk |
NIDN0407026301 |
|
dc.identifier.kodeprodi |
KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis |
|