dc.description.abstract |
Intensitas persaingan yang semakin ketat membuat sebuah perusahaan harus tetap menjaga konsumen. Dalam kondisi pasar yang kompetitif, maka loyalitas pelanggan menjadi kunci kesuksesan. Kepuasan Konsumen menjadi titik utama dalam menjaga loyalitas konsumen terhadap perusahaan kita. Dengan melihat Elemen Elemen Produk dari sebuah produk yang di ciptakan perusahaan maka akan terlihat bagaimana kepuasan konsumen dapat didefinisikan.
Berdasarkan uraian tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap elemen produk kaos kaki di CV Setia Jaya. CV Setia Jaya Socks merupakan perusahaan yang memproduksi kaos kaki. Perusahaan ini berlokasi di Jl. Kopo Permai II, Blok A no 2-6, Bandung dan memiliki lebih dari 50 tenaga kerja langsung. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan kuisioner dengan jumlah responden sebanyak 100 (seratus) siswa / siswi di Sekolah Menengah Atas di Kota Bandung. Penyelesaian pengolahan data yang digunakan adalah dengan menggunakan spss terlebih dahulu untuk mengetahui data yang diperoleh adalah valid dan reliable dan dilanjutkan dengan metode perbandingan antara kinerja yang ada dengan harapan konsumen.
Berdasarkan pengolahan data tersebut, penulis mendapat hasil penelitian yang menunjukkan bahwa dalam 3 peringkat teratas Harapan responden akan produk adalah: (1) Harapan kaos kaki cacat yang diterima oleh konsumen dapat ditukar/dikembalikan; (2) Harapan memiliki berbagai ukuran kaos kaki; (3) Harapan model produk kaos kaki bermacam-macam, sedangkan 3 peringkat Kinerja perusahaan yang ada : (1) Kinerja ketahanan produk kaos kaki; (2) Kinerja keterkenalnya merek kaos kaki; (3) Kinerja kemudahan nama merek kaos kaki.
Berdasarkan rekapitulasi peringkat kepuasan konsumen dapat dikatakan bahwa responden tidak puas terhadap semua elemen produk yang ada di perusahaan, 3 peringkat teratas kepuasan responden yang ada adalah: (1) Merek kaos kaki yang sudah terkenal menunjukan nilai harapan 3,46 dan kinerja 3.42; (2) Nama merek kaos kaki yang mudah diingat menunjukan nilai harapan 3,71 dan kinerja 3,42; (3) Label kaos kaki yang menarik dan bagus menunjukan nilai harapan 3.96 dan kinerja 3.42. Sedangkan 2 peringkat terendah ketidakpuasan konsumen akan produk yang ada adalah: (1) Produk kaos kaki nyaman digunakan menunjukan nilai harapan 4,53 dan kinerja 3.19; (2) Model produk kaos kaki bermacam-macam menunjukan nilai harapan 4,61 dan kinerja 3.42. Jadi, berdasarkan hasil tersebut konsumen tidak puas dengan kinerja perusahaan. |
en_US |