Abstract:
Zero Hour Coffee merupakan salah satu kafe yang ada di kota Bandung. Terdapat beragam macam kafe yang ada di kota Bandung dengan banyak pesaing, ini merupakan objek yang menarik untuk diteliti untuk meningkatkan daya persaingan dan memperluas pasarnya. Indentifikasi masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kualitas layanan terhadap keputusan pembelian di kafe Zero Hour Coffee cabang jalan Pager Gunung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar pengaruh kualitas layanan terhadap keputusan pembelian di kafe Zero Hour Coffee cabang jalan Pager Gunung. Pada penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu Kualitas Layanan dan Keputusan Pembelian sebagai pengukur pengaruhnya. Kualitas Layanan merupakan totalitas dari bentuk karakteristik barang dan jasa yang menunjukkan kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan pelanggan, baik yang nampak jelas maupun yang tersembunyi, sedangkan keputusan pembelian adalah tindakan dari konsumen untuk mau membeli atau tidak terhadap produk. Oleh Karena itu penelitian ini diberi judul Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian di kafe Zero Hour Coffee cabang jalan Pager Gunung.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kausal. Metode ini merupakan peneliti lebih tertarik untuk menggambarkan satu faktor atau lebih yang menimbulkan permasalahan, dengan kata lain untuk bisa menyatakan bahwa variabel kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Teknik pengumpulan data yang didapat melalui observasi, wawancara , dan kuesioner. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 100. Dalam penelitian ini, untuk pengambilan data dari resoponden menggunakan teknik convenience sampling, responden penelitian ini adalah pelanggan Zero Hour Coffee cabang jalan Pager Gunung.
Hasil dari penelitian ini adalah adanya pengaruh variabel kualitas pelayan terhadap keputusan pembelian di kafe Zero Hour Coffee cabang jalan Pager Gunung. Melalui Analisis Koefisien Determinasi, variabel kualitas pelayanan memberi pengaruh 42,7% terhadap keputusan pembelian sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang lain.