Strategi Indonesia dalam meningkatkan kunjungan wisatawan Tiongkok

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pakpahan, Aknolt Kristian
dc.contributor.author Amalina, Cindar Nurista
dc.date.accessioned 2018-04-30T08:14:40Z
dc.date.available 2018-04-30T08:14:40Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp35204
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5688
dc.description 7995 - FISIP en_US
dc.description.abstract Melihat perkembangan pariwisata sebagai sektor unggulan dunia, pada tahun 2014 Indonesia mulai memprioritaskan kunjungan wisatawan mancanegara dalam meningkatkan devisa negara. Tiongkok yang merupakan negara dengan perekonomian terbesar di dunia telah menjadi target pasar wisatawan terbesar bagi Indonesia. Namun, berdasarkan laporan Travel and Tourism Competitiveness Index yang dikeluarkan World Economic Forum, daya saing pariwisata Indonesia jauh lebih lemah dibandingkan dengan negara kompetitornya yakni Malaysia, Singapura dan Thailand, sehingga jumlah kunjungan wisatawan Tiongkok di Indonesia lebih sedikit. Padahal, Pariwisata Indonesia memiliki potensi besar baik dari sumber daya alam maupun manusianya. Oleh karena itu pemerintah merancang beberapa strategi yang ditujukan untuk memberdayakan potensi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi dan implementasi dari strategi Indonesia dalam meningkatkan kunjungan wisatawan Tiongkok dalam periode 2014-2019. Strategi tersebut terdiri dari pengembangan atraksi, amenitas dan aksesibilitas, branding pariwisata dengan label ‘Wonderful Indonesia’, promosi pariwisata baik di media konvensional, online maupun event dan misi penjualan keliling; lalu membentuk badan Indonesian Chamber of Commerce in China (INACHAM). Jenis penelitian ini adalah deskriptif analisis yang menerapkan metode studi pustaka. Dengan menggunakan konsep diplomasi ekonomi dan multijalur dari Louise Diamond dan John McDonald penulis menemukan keterlibatan pelaku usaha, warga sipil, media, dan aktor lain yang berperan secara signifikan demi mencapai keuntungan devisa melalui kunjungan wisatawan Tiongkok. en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Pariwisata en_US
dc.subject Indonesia en_US
dc.subject Wisatawan Tiongkok en_US
dc.subject Devisa en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Diplomasi Ekonomi en_US
dc.subject Diplomasi Multijalur en_US
dc.title Strategi Indonesia dalam meningkatkan kunjungan wisatawan Tiongkok en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013330126
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0421047502
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account