dc.description.abstract |
Penggunaan media sosial dalam bisnis sudah menjadi fenomena di era pertumbuhan dan evolusi internet. Para pebisnis dari berbagai industri di seluruh dunia berlomba-lomba menggunakan media sosial sebagai alat pemasaran bisnis mereka. Salah satu bisnis yang ramai dijalankan di kota-kota besar di Indonesia; termasuk kota Bandung, adalah bisnis coffee shop. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya coffee shop yang bermunculan di kota Bandung dan tidak bisa dipungkiri bahwa media sosial mengambil bagian dalam menunjukkan eksistensi berbagai coffee shop baru tersebut.
Contrast Coffee Shop adalah salah satu coffee shop baru di kota Bandung. Contrast Coffee Shop mengaku tidak memilliki strategi pemasaran khusus. Untuk media promosi yang digunakan, Contrast Coffee Shop hanya menggunakan media sosial Instagram dan Facebook. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat adakah pengaruh penggunaan media sosial terhadap brand awareness dari Contrast Coffee Shop.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksplanatori dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara kepada pihak Contrast Coffee Shop, observasi dari konsumen Contrast Coffee Shop, dan penyebaran kuisioner yang disebar kepada 100 responden. Data yang didapatkan kemudian diolah menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial memiliki pengaruh yang signifikan positif terhadap brand awareness konsumen Contrast Coffee Shop dengan kontribusi pengaruh sebesar 54,16%, sedangkan 45,84% sisanya adalah kontribusi variabel lain yang tidak diteliti. |
en_US |