Abstract:
Kebutuhan akan tempat tinggal saat ini akan selalu menjadi kebutuhan utama masyarakat. Kebutuhan tersebut menjadikan permintaan mengenai tempat tinggal akan terus ada. Dengan tingkat permintaan yang terus meningkat ini akan mendorong pelaku bisnis untuk berusaha memanfaatkan peluang tersebut. Semakin banyak pelaku bisnis properti, semakin ketat pula persaingan didalam industrinya. Sehingga perusahaan akan dituntut untuk merencanakan dan melakukan strategi supaya dapat mempertahankan dan meningkatkan posisi bersaing perusahaannya. Dalam penelitian ini peneliti berusaha untuk menyampaikan Analisis Strategi Bersaing Bisnis Properti Pada PT. Laguna Alamabadi. Sebagai perusahaan yang sudah cukup lama bergerak di bidang properti, peneliti berusaha untuk mengetahui strategi apa yang sudah diterapkan perusahaan saat ini, faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perusahaan dalam menjalankan usahanya, serta strategi apa yang dapat diterapkan perusahaan untuk dapat mempertahankan posisi bersaingnya.
Untuk mengetahui strategi yang telah digunakan PT. Laguna Alamabadi selama ini peneliti menggunakan Analisis Segmenting, Targeting, dan Positioning (STP). Setelah itu peneliti akan berusaha mengetahui faktor eksternal yang mempengaruhi perusahaan dalam menjalankan usahanya menggunakan analisis PESTEL, Five-Force Model, dan Analisis Internal perusahaan. Yang terakhir peneliti berusaha untuk memberikan strategi yang tepat supaya perusahaan dapat mempertahankan posisi bersaingnya. Uraian analisis terakhir ini peneliti akan menggunakan Matriks SWOT, Matriks Internal-External, dan QSPM. Analisis Matriks SWOT dapat memberikan gambaran mengenai kemungkinan strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan. Sementara Matriks IE merupakan perhitungan bobot dan skor untuk mengetahui dimana prosisi perusahaan dalam industrinya saat ini. Untuk mengetahui strategi yang tepat diantara strategi alternatif, peneliti akan menentukan berdasarkan hasil perhitungan hasil QSPM.
Berdasarkan hasil analisis STP, dapat disimpulkan bahwa PT. Laguna Alamabadi saat ini menggunakan strategi fokus pada biaya rendah. Untuk mengetahui posisi bersaing perusahaan, berdasarkan hasil analisis internal dan eksternal, matriks SWOT dan hasil matriks IE, PT. Laguna Alamabadi saat ini berada pada kuadran II. Artinya saat ini perusahaan masih dapat tumbuh dan berkembang dalam melakukan usahanya. Mengenai strategi yang paling tepat menurut hasil perhitungan QSPM, peneliti mendapatkan hasil bahwa perusahaan saat ini dapat menerapkan strategi penetrasi pasar. Strategi ini dianggap paling tepat karena didukung oleh kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan serta peluang dan ancaman dari lingkungan perusahaan.