Abstract:
Untuk membangun bisnis yang sukses, dibutuhkan ide bisnis yang kreatif dan perlu ditunjang dengan penerapan business plan yang matang. Business plan adalah dokumen yang dirancang untuk merencanakan jalannya perusahaan dalam periode tertentu. Penulis akan membahas sebuah rencana bisnis kuliner menu rumahan yakni Cornelia Homey Dining (CHD) di Bandung. Kota ini mempunyai potensi pasar kuliner yang besar, dengan penduduk 2,48 juta tahun 2015, proyeksi pertumbuhan populasi 1,46% per tahun, tingkat pertumbuhan ekonomi 5,24% triwulan 2017. Lokasi penelitian dipilih di Jl Dipati Ukur, dimana potensi pasar mahasiswa yang besar dengan ribuan mahasiswa baru setiap tahunnya.
Untuk mengkaji penelitian, obyek studi ditelaah menggunakan analisis: faktor eksternal dan internal, rancangan Business Model Canvas, SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Treath), kelayakan usaha berdasarkan BEP (Break Event Point), payback period dan IRR (Internal Return of Rate). Metode penelitian memakai metode deskriptif analisis. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Obyek penelitian ini berupa rencana bisnis CHD.
Dari analisis eksternal dan internal, diketahui faktor-faktor yang perlu dilakukan untuk mengembangkan CHD yakni pemahaman terkait peraturan, pemangku kepentingan yang terlibat, kegiatan pesaing utama, dan penggunaan inovasi teknologi. Analisis SWOT, PEST (Politik, Ekonomi, Sosial,Teknologi), dan pemasaran memberikan masukan dalam mempersiapkan rencana bisnis kuliner ini. Dalam menganalisis SDM, diperlukan perekrutan karyawan yang tepat dan berkompeten. Berdasarkan analisis BEP, diperlukan penjualan 21.381 unit, payback 2,21 tahun, dan IRR lebih besar dari bunga bank yakni 18,7%.