dc.description.abstract |
Mobil Merek Toyota Agya dan Toyota Calya adalah mobil Low Cost Green Car (LCGC) yang dikeluarkan oleh PT.Astra Toyota Indonesia. Mobil ini dikhususkan untuk kalangan kelas menengah yang setiap tahunnya mengalami peningkatan. Pada tahun 2016 merek mobil ini mendapatkan penjualan tertinggi daripada mobil LCGC lainnya yaitu sebesar 42.298 unit untuk Toyota Agya dan Toyota Agya sebesar 39.768 unit.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Brand Association terhadap Consumer Response pada Mobil Merek Toyota Agya dan Toyota Calya di Bandung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, kuisioner dan studi literatur. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen pengguna Mobil Merek Toyota Agya dan Toyota Calya di Bandung dan sebagian di dealer Plaza Toyota Bandung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan skala ordinal dalam bentuk model Likert dan skala norminal.
Hasil penelitian ini berdasarkan tanggapan responden pada hasil yang menuujukan mayoritas responden setuju adalah Toyota Agya dan Calya berkomitmen terus melakukan usaha untuk meningkatkan kualitas produk yaitu sebesar 71,6% responden menjawab setuju, Toyota Agya dan Calya adalah merek yang terpercaya yaitu serbesar 64,7% setuju dan Toyota Agya dan Calya adalah merek yang berkualitas dengan harga terjangkau yaitu sebesar 62,7 responden menjawab setuju.
Selain itu hasil penelitian juga berdasarkan analisis koefisien determinasi menunjukan bahwa Berdasarkan perhitungan diatas, Consumer Response dipengaruhi Brand Association sebesar 57,2%. Hal ini menunjukan Brand Association memiliki pengaruh sebesar 57,2% terhadap Consumer Response. Sisa presentase tersebut atas Consumer Response terhadap Mobil Merek Toyota Agya dan Calya dipengaruhi oleh aspek – aspek lainnya yaitu 42,8%. Dari data ini maka dapat disimpulkan bahwa asosiasi merek memiliki pengaruh yang besar terhadap Consumer Response pada Mobil Merek Toyota Agya dan Calya. |
en_US |