Kajian perilaku pondasi spun pile pada proyek Velodrome Jakarta berdasarkan metode transfer beban

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahardjo, Paulus Pramono
dc.contributor.author Gunawan, Cindy
dc.date.accessioned 2018-04-19T02:14:00Z
dc.date.available 2018-04-19T02:14:00Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other skp35361
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5533
dc.description 6216 - FTS en_US
dc.description.abstract Pondasi spun pile pada Proyek Velodrome Internasional Jakarta terletak di atas lapisan tanah keras sehingga dianggap sebagai tiang tahanan ujung. Tetapi tiang pancang juga memiliki tahanan selimut yang besar sehingga perlu pengkajian perilaku pondasi spun pile yaitu distribusi beban sepanjang tiang dan daya dukung tiang pancang berdasarkan metode transfer beban. Untuk tiang BH-05 analisis daya dukung dilakukan dengan menggunakan program TZ diperoleh daya dukung ultimit sebesar 180 ton dengan daya dukung selimut sebesar 113,13 ton dan daya dukung ujung sebesar 66,87 ton. Berdasarkan metode konvensional diperoleh daya dukung ultimit sebesar 166 ton dengan daya dukung selimut sebesar 112,99 ton dan daya dukung ujung sebesar 53,01 ton. Dari hasil ini daya dukung selimut tiang lebih tinggi dari daya dukung ujungnya. Berdasarkan metode Schmertmann diperoleh daya dukung ultimit sebesar 272,25 ton dengan daya dukung selimut sebesar 115,17 ton dan daya dukung ujung sebesar 157,08 ton. Dari hasil ini daya dukung selimut tiang lebih kecil dari daya dukung ujungnya. Sementara menurut hasil uji dinamik menggunakan program CAPWAP daya dukung ultimitnya adalah 217,4 ton dengan daya dukung selimut 97,4 ton dan daya dukung ujung 120 ton. Nilai daya dukung selimut cukup mendekati nilai daya dukung ujung sehingga tahanan tiang merupakan kombinasi yang cukup seimbang antara tahanan ujung dan tahanan gesek. Secara perilaku terdapat kesamaan antara hasil dari uji PDA dan hasil perhitungan manual dengan Metode Schmertmann. Untuk Tiang P4D-293, desain daya dukung adalah 125 ton. Hasil daya dukung berdasarkan program TZ adalah 195 ton dan hasil axial static load test adalah 344 ton, jauh lebih besar dari desain awal. Sehingga faktor keamanannya mencapai 2,75. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik - UNPAR en_US
dc.subject Spun Pile en_US
dc.subject Daya Dukung en_US
dc.subject Metode Transfer Beban en_US
dc.subject Perilaku Tiang en_US
dc.subject Program TZ en_US
dc.subject Uji Dinamik en_US
dc.subject Uji Statik en_US
dc.title Kajian perilaku pondasi spun pile pada proyek Velodrome Jakarta berdasarkan metode transfer beban en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014410084
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0415015402
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI610#Teknik Sipil


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account