Abstract:
Akselerometer menghasilkan data percepatan yang mengandung noise. Oleh sebab itu, integrasi
untuk mendapatkan kecepatan menghasilkan error dan kumulatif error pada saat dilakukan integrasi
untuk mendapatkan peralihan. Maka, diperlukan filter data percepatan untuk menghilangkan
noise sehingga didapatkan kecepatan dan peralihan yang menggambarkan kondisi struktur.
Pada skripsi ini, struktur yang diuji dan dianalisis adalah struktur pelat baja jepit-bebas. Pengujian
dilakukan dengan bantuan akselerometer Triaxial EZDYN. Data percepatan hasil pengujian
selanjutnya diolah dengan fast fourier transform untuk mendapatkan frekuensi struktur dan metode
logarithmic decrement untuk menentukan rasio redamannya. Dilakukan juga perhitungan solusi
analitis untuk mendapatkan frekuensi struktur. Iterasi dalam pemodelan struktur dilakukan untuk
mendapatkan parameter dinamik berupa percepatan, kecepatan, dan peralihan hasil analisis numerik
yang dijadikan acuan sebagai hasil proses pemfilteran hasil uji eksperimental. Jenis filter yang digunakan
dalam penelitian ini adalah band pass filter dengan 3 metode yaitu Butterworth, Chebyshev,
dan Bessel.
Hasil penelitian menunjukkan frekuensi struktur yang diperoleh dari FFT memiliki perbedaan
sebesar 1.81% dengan solusi analitik. Metode Butterworth dan Bessel memiliki konsistensi
error yang baik dan kedua metode tersebut memiliki grafik dengan pola dan perilaku yang memiliki
karakteristik yang sama dengan hasil analisis numerik. Namun, metode Butterworth memiliki nilai
"Rata-Rata Error" terkecil sehingga metode ini paling optimum.