Abstract:
Jakarta menjadi daerah yang dikenal sebagai salah satu tujuan bisnis, pendidikan, dan pariwisata.
Beberapa hal yang menunjang adalah kenyamanan, ketertiban, dan kemudahan transportasi. Untuk
membuat masyarakat mau menggunakan angkutan publik diperlukan sistem angkutan umum yang
berjalan dengan baik. Kini sudah berjalan sistem e-tiket Bus Transjakarta. Oleh sebab itu perlu
dilakukan evaluasi kualitas pelayanan e-tiket Bus Transjakarta. Penilaian penggunaan e-tiket
Transjakarta dalam aspek kualitas pelayanan dapat dievaluasi dalam 2 hal, yaitu menurut tingkat
kepentingan dan menurut tingkat kepuasan yang dialami. Evaluasi ini penting untuk mengetahui
kondisi pelayanan yang sebenarnya dialami oleh penumpang. Dari analisis Important Perfomance
Analysis, masih ada yang harus disempurnakan oleh pengelola Bus Transjakarta, yaitu keamanan,
ketersediaan tiket, ketersediaan informasi, konsistensi jam pelayanan, kesiapsiagaan operator, dan
kemampuan operator dalam menyampaikan informasi. Pada analisis dengan CSI dapat disimpulkan
bahwa pengguna e-tiket Bus Transjakarta mendapat skor 66%. Skor 66% ini menunjukkan bahwa
pengguna e-tiket Bus Transjakarta merasa puas terhadap pelayanan yang telah diberikan. Meskipun
begitu, pihak pengelola Bus Transjakarta tetap perlu melakukan perbaikan dan meningkatkan kualitas
layanannya.