Abstract:
Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi Pelatihan E-literacy Aparatur
Disdukcapil Kota Bandung dengan Model Empat level Evaluasi Pelatihan
Kirkpatrick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas pasca
pelatihan yang diikuti oleh pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
(DISDUKCAPIL) Kota Bandung menggunakan model empat level evaluasi
pelatihan Kirkpatrick untuk mengidentifikasi apakah ada peningkatan atau
perubahan pengetahuan, kemampuan serta perilaku pegawai setelah mengikuti
pelatihan e-literacy . Penelitian ini menggunakan teori Donald L Kirkpatrick dan
James D Kirkpatrick yang terdiri dari empat dimensi yaitu Reaksi, Pembelajaran,
Perilaku dan Hasil.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian desktiptif kuantitatif dengan
menggunakan metode pengumpulan data kuesioner dan wawancara. Populasi yang
digunakan dalam penelitian sebanyak 122 responden pegawai negeri sipil Dinas
Kependudukan dan Catatan Sipil (DISDUKCAPIL) Kota Bandung.
Hasil penelitian menunjukan bahwa lebih dari tiga perempat pegawai Dinas
Kependudukan dan Catatan Sipil (DISDUKCAPIL) Kota Bandung yang
menunjukkan adanya perubahan pengetahuan, kemampuan dan perilaku menjadi
lebih baik setelah mengikuti pelatihan E-literacy. Keempat dimensi ini memiliki
hubungan yang saling berkaitan dimana hasil dari satu dimensi turut mempengaruhi
dimensi yang lainnya.