Abstract:
Penelitian ini berjudul "Kualitas Pelayanan Kantor Bersama SAMSAT
Balaraja Kabupaten Tangerang". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan bagaimana kualitas pelayanan di Kantor Bersama SAMSAT
Balaraja Kabupaten Tangerang apabila dilihat dari 5 dimensi kualitas pelayanan,
diantaranya: Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, dan Tangibles.
Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk melihat nilai perbedaan dari
pelayanan yang diharapkan (Expected Service) dengan pelayanan yang
diterima/dirasakan (Perceived Service).
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan
kuesioner sebagai alat pengumpul data pokok. Kuesioner dibagikan kepada 100
responden yang datang ke Kantor Bersama SAMSAT Balaraja Kabupaten
Tangerang untuk mengurusi dokumen kendaraan bermotor.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan
oleh Kantor Bersama SAMSAT Balaraja Kabupaten Tangerang belum dapat
dikatakan baik. Hal ini dikarenakan tidak terpenuhinya harapan dari para wajib
pajak dimana pelayanan yang diterima tidak sesuai dengan apa yang diharapkan
oleh para wajib pajak.