Pelaksanaan sistem online pada pelayanan perizinan melalui E-Governance yang berbasis aplikasi : studi kasus aplikasi GAMPIL dan HAYU BANDUNG di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Prasetyo, Pius Sugeng
dc.contributor.author Ramadhan, Rama Akbar
dc.date.accessioned 2018-02-13T09:44:02Z
dc.date.available 2018-02-13T09:44:02Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp35067
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5285
dc.description 7860 - FISIP en_US
dc.description.abstract Teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini bukan hanya menjadi kebutuhan setiap individu tetapi menjadi salah satu kebutuhan bagi pemerintah untuk memberikan pelayanan publik yang baik bagi masyarakat. Menyadari dampak positif teknologi informasi dan komunikasi bagi jalannya proses pemerintahan, teknologi informasi dan komunikasi (ICT) berkembang pesat dengan melahirkan e-governance sebagai bagian dari tuntutan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik yang buruk. Penyediaan teknologi informasi dan komunikasi di dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP) hadir melalui pembentukan e-governance yang berbasis aplikasi online bernama HAYU BANDUNG dan GAMPIL. aplikasi online ini merupakan salah satu aplikasi pelayanan perizinan yang dikhususkan bagi masyarakat yang tinggal di Kota Bandung maupun masyarakat yang akan membuka usaha di Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan sistem online pada pelayanan perizinan yang menggunakan HAYU BANDUNG dan GAMPIL di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, serta lebih lanjut untuk menggali lebih dalam lagi dampak dan tantangan apa saja yang terjadi setalah adanya perubahan sistem pelayanan kedalam sistem online. Konsep e-governance dari Dobrica Savic, Dr.Pardeep Mittal, Amandeep Kaur,dan Prabhat Kumar Pandey digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitiannya. Temuan dalam penelitian ini juga menunjukan bahwa HAYU BANDUNG dan GAMPIL memberikan manfaat bagi masyarakat sebagai pengguna layanan. Hal ini dibuktikan dengan proses pelayanan yang semakin cepat dan efektif karena tidak memerlukan lagi proses tatap muka bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan. Tetapi kasus korupsi yang membelit pimpinan di dinas terkait membuat pengaruh yang kurang baik bagi jalannya proses pelayanan kepada masyarakat. en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject teknologi informasi dan komunikasi en_US
dc.subject e-governance en_US
dc.subject pelayanan perizinan en_US
dc.title Pelaksanaan sistem online pada pelayanan perizinan melalui E-Governance yang berbasis aplikasi : studi kasus aplikasi GAMPIL dan HAYU BANDUNG di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kota Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2012310045
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0403096402
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI607#Ilmu Administrasi Publik


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account