Abstract:
Dinas Sosial Kota Bandung, memiliki beragam program – program yang
menunjang bagi upaya pensejahteraan para Penyandang Masalah Kesejahteraan
Sosial (PMKS) di Kota Bandung, salah satunya ialah Proram Kegiaan Pendidikan
Bagi Penyandang Disabilitas dan Eks – Trauma (Tata Boga) yang dikhususkan
bagi salah satu kategori PMKS yaitu para penyandang disabilitas. Program ini
sendiri berupaya untuk mensejahterakan para penyandang disabiltas yang menjadi
sasaran dari program kegiatan Pendidikan ini.
Tujuan penelitian ini ialah mencoba mendeskripsikan mengenai evaluasi
dampak yang ditimbulkan dari program Pendidikan tersebut kepada para
penyandang disabilitas yang menjadi peserta pada program tersebut pasca mereka
diberikan Pendidikan berupa Pendidikan tata boga. Dimana penelitian ini akan
melihat dari Intended Impact (dampak yang diharapakan) yang berasal dari tujuan
dari program kegiatan itu sendiri, dan Uninteded Impact (dampak yang tidak
diharapkan) yang muncul akibat dari program ini. Penelitian mengenai evaluasi
dampak ini perlu dilakukan karena Dinas Sosial Kota Bandung sendiri belum
pernah melakukan evaluasi terhadap dampak yang diterima oleh para penyandang
disabilitas yang menjadi peserta pelatihan selepas pelatihan diberikan.
Berdasarkan jenisnya, penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif
dengan Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi
dokumen. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan metode
penelitian kualitatif studi kasus.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa para penyandang disabilitas masih
kesulitan dalam mempraktekan hasil dari pendidikan yang mereka terima selepas
pelatihan menjadikan mereka masih sulit untuk mensejahterakan diri mereka.