Abstract:
Spa dan refleksi merupakan tempat yang banyak dikunjungi untuk melepas rasa
lelah, salah satunya adalah Zen cabang Surya Sumantri. Banyaknya tempat spa dan
refleksi membuat persaingan menjadi ketat sehingga konsumen sulit memilih tempat spa
dan refleksi. Konsumen cenderung mencari tempat yang memiliki harga tidak terlalu
mahal, treatment yang memuaskan, dan dengan durasi treatment yang panjang.
Banyaknya faktor yang menjadi preferensi konsumen menjadi dasar dalam penelitian.
Penelitian dimulai dengan melakukan identifikasi faktor yang dilakukan dengan wawancara
kepada 10 orang responden dan didapatkan sebanyak sembilan faktor. Kemudian
dilakukan penentuan level untuk masing-masing faktor. Metode yang cocok digunakan
dalam penelitian adalah adaptive choice based conjoint (ACBC). Metode ACBC dipilih
karena metode ini dapat meneliti jumlah faktor antara 7-14 buah. Metode ini juga
memberikan tiga tahapan kuesioner, yaitu build your own (BYO), screening, dan choice
task. Ketiga tahapan pada kuesioner membantu untuk lebih mengerti preferensi
konsumen. Jumlah responden yang diteliti sebanyak 250 orang dan responden tersebut
merupakan orang-orang yang pernah melakukan treatment spa dan/atau refleksi.
Kuesioner disebarkan secara online dan diolah dengan menggunakan Sawtooth Software
serta SMRT. Usulan kombinasi faktor didapatkan dari proses estimasi metode count dan
logit dengan melihat nilai terbesar dari masing-masing metode. Pada penelitian dipilih
metode estimasi count karena metode logit menghasilkan kombinasi yang tidak mungkin
terjadi pada keadaan nyata. Hasil usulan kombinasi tersebut adalah harga antara Rp
75.000 – Rp 110.000, aroma terapi lavender, ruangan treatment privat, jenis pelayanan
body massage, durasi pelayanan 90 menit, waktu menunggu 10-15 menit, pencahayaan
redup, promo happy hour (diskon 20% pk 10.00-14.00 weekday), dan metode pembayaran
tunai.