Rekomendasi penempatan iklan pada tayangan pertandingan sepakbola untuk meningkatkan recall rate berdasarkan eye tracking

Show simple item record

dc.contributor.advisor Damayanti, Kristiana Asih
dc.contributor.author Ismon, Vishnu Aditya
dc.date.accessioned 2018-02-13T07:43:29Z
dc.date.available 2018-02-13T07:43:29Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp34951
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5267
dc.description 4532 - FTI en_US
dc.description.abstract Kegiatan promosi dengan melakukan pemasangan virtual advertising pada pertandingan sepakbola di televisi merupakan salah satu metode dalam meningkatkan brand awareness di masyarakat. Terdapat beberapa variasi posisi penempatan iklan virtual yang biasa digunakan oleh pihak channel televisi. Akan tetapi, sampai saat ini belum ada penelitian yang berfokus pada pemberian rekomendasi desain penempatan iklan virtual tersebut khususnya bagi pihak perusahaan yang hendak mengiklankan merek atau produknya pada tayangan pertandingan sepakbola. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk pemberian rekomendasi tersebut dengan metode eye tracking yang dilengkapi dengan kuesioner recall rate. Terdapat 9 posisi penempatan iklan virtual yang digunakan pada video pengujian yang merujuk kepada posisi-posisi yang biasa digunakan oleh para pihak channel televisi. Sebanyak 40 partisipan diminta untuk mengikuti penelitian awal dengan menonton video sekaligus direkam pergerakan matanya oleh eye tracker kemudian dilanjutkan dengan mengisi kuesioner recall rate. Tiga posisi dengan recall rate terbaik adalah posisi tengah-bawah (uk. kecil) dengan 32,5%; atas (uk. sedang) dengan 33,75%; dan kiri-atas (uk. besar) dengan 37,5%. Ketiga posisi tersebut juga merupakan posisi dengan total durasi partisipan melihat iklan terbaik pula di kategori ukuran masing-masing (berturut-turut adalah 39,86 detik; 70,97 detik; dan 43,06 detik). Oleh karena itu, rekomendasi yang diberikan adalah dengan memposisikan iklan pada ketiga posisi tersebut. Video yang digunakan pada penelitian rekomendasi merupakan video yang sama dengan yang digunakan pada penelitian awal. Perubahan hanya dilakukan pada posisi penempatan iklan tanpa mengubah durasi, frekuensi, warna, bentuk, serta merek (dan jenis produk) yang diiklankan. Sebanyak 40 partisipan yang berbeda diminta untuk mengikuti penelitian rekomendasi. Secara umum, total durasi partisipan melihat iklan setelah posisinya diubah sesuai posisi yang direkomendasikan mengalami penurunan sekitar 0,5-24,52 detik (uk. kecil); 16,33-56,69 detik (uk. sedang); dan 14,31-17,35 detik (uk. besar). Akan tetapi, rata-rata recall rate justru mengalami peningkatan sebesar 3,8-22,5% (uk. kecil); 3,8-17,5% (uk. sedang); dan 10-12,5% (uk. besar). Dapat disimpulkan bahwa walaupun durasi partisipan melihat iklan lebih sebentar, rekomendasi desain penempatan iklan yang diberikan mampu meningkatkan recall rate. en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Rekomendasi penempatan iklan pada tayangan pertandingan sepakbola untuk meningkatkan recall rate berdasarkan eye tracking en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013610075
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0421017701
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account