Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi dan mendeskripsikan kepuasan jurnalis asing terhadap pelayanan kunjungan jurnalistik yang disediakan oleh Direktorat Informasi dan Media, Kementerian Luar Negeri. Dengan menganalisa tingkat kepuasan, penelitian ini akan memberikan kontribusi mengenai pelayanan publik yang diberikan.
Untuk memenuhi pelaksanaan penelitian, digunakan hasil wawancara, triangulasi, dan Common Measurements Tool (CMT). CMT digunakan untuk mengumpulkan feedback dari informan sebagai penerima pelayanan publik untuk mengetahui pelayanan yang diberikan telah dilaksanakan oleh pegawai berdasarkan 5 dimensi service delivery (Responsiveness, Reliability, Access & Facilities, Communications, Cost)
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif bertujuan memperoleh gambaran seutuhnya mengenai suatu hal. Penelitian kualitatif berhubungan dengan ide, persepsi, pendapat, atau kepercayaan orang yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur, tinjauan literatur, dan kuesioner sebagai data pendukung.
Hasil penilaian pada setiap dimensi dapat dikatakan baik terlihat dari kepuasan yang diperoleh pada setiap indikator pada dimensi yang dinilai. Ada beberapa dimensi yang memperoleh penilaian kurang baik karena responden tidak merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Dimensi yang dimaksud adalah dimensi Access and Facilities dan dimensi Cost.