Evaluasi dan perancangan ulang aplikasi panduan mendaki gunung berdasarkan usability testing

Show simple item record

dc.contributor.advisor Damayanti, Kristiana Asih
dc.contributor.author Delyuzar, Gita Putri Zharita
dc.date.accessioned 2018-01-30T04:43:24Z
dc.date.available 2018-01-30T04:43:24Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp34949
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/4884
dc.description 4530 - FTI en_US
dc.description.abstract Menjalani aktivitas sehari-hari yang sama setiap hari tentunya merupakan hal yang membosankan. Apalagi ditambah dengan kehidupan perkotaan yang penuh dengan kemacetan akan menambah tingkat kejenuhan. Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan kegiatan yang bisa menghilangkan tingkat kejenuhan dari kehidupan sehari-hari. Salah satunya bisa dilakukan dengan cara rekreasi. Pastinya setiap orang mempunyai ketertarikannya masing-masing terhadap rekreasi yang ingin mereka lakukan. Salah satu rekreasi yang bisa dilakukan adalah mendaki gunung. Tetapi sangat disayangkan bahwa banyak pendaki gunung pemula yang kurang pengetahuan sehingga mengakibatkan banyak kecelakaan. Berkembanganya teknologi, akan memudahkan pendaki untuk mengakses informasi. Aplikasi merupakan salah satu sarana yang tepat untuk menyampaikan informasi di jaman serba canggih ini. Salah satu aplikasi yang sudah ada sebagai panduan pendakian gunung adalah aplikasi Panduan Mendaki Gunung. Aplikasi yang sudah ada tersebut ternyata masih memiiki kekurangan. Kekurangan yang ada di dalam aplikasi Panduan Mendaki Gunung akan diindentifikasi dengan menggunakan metode usability testing dan kuesioner SUS. Kriteria usability yang diteliti yaitu, efficiency, effectiveness, dan satisfaction. Langkah perancangan yaitu identifikasi kebutuhan, perancangan desain alternatif, dan pembuatan prototipe. Identifikasi kebutuhan dilakukan dengan melakukan wawancara dengan responden dan juga observasi ketika usability testing berlangsung. Perancangan desain alternatif menggunakan workshop dengan dengan participatory design. Dengan menggunakan participatory design berarti pengguna akan ikut terlibat di dalam perancangan konsep desain dengan desainer. Perancangan menghasilkan 3 konsep desain yang selanjutnya akan dipilih melalui metode kuantitatif dan kualitatif. Penilaian kuantitatif akan dilakukan dengan sistem ranking antar kelompok, sedangkan kualitatif dilakukan dengan melihat pemenuhan kebutuhan dari setiap konsep desain alternatif yang telah dibuat. Selanjutnya dilakukan perancangan ulang berdasarkan konsep desain yang terpilih. Selanjutnya akan kembali dilakukan evaluasi dengan metode usability testing dan kuisioner SUS. Hasil yang didapatkan adalah kriteria usability meningkat yaitu rata-rata nilai efektifitas awal sebesar 45% menjadi 96%, rata-rata nilai efisensi awal sebesar 13% menjadi 96% dan nilai SUS rata-rata awal sevesar 43,33 menjadi 71,25. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Evaluasi dan perancangan ulang aplikasi panduan mendaki gunung berdasarkan usability testing en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2012610055
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0421017701
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account