Analisis kelayakan usaha Agen Pos "Odang" pada Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukapto, Paulus
dc.contributor.advisor Susanto, Sani
dc.contributor.author Harardi, Raditya Pranindhana
dc.date.accessioned 2018-01-30T02:54:57Z
dc.date.available 2018-01-30T02:54:57Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp34965
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/4873
dc.description 4546 - FTI en_US
dc.description.abstract Agen Pos “Odang” didasari oleh penawaran Kantor Pos Cianjur untuk membuka agen pos pada Kecamatan Haurwangi, karena tidak adanya penyelenggara pos pada daerah tersebut. Melihat permintaan jasa penyelenggara pos pada Kabupaten Cianjur, PT. Pos Indonesia (Persero) masih memiliki jumlah permintaan yang besar. Warga Cianjur masih banyak menggunakan jasa PT. Pos Indonesia (Persero) dengan persentase 90,46% penggunaan jasa pengiriman surat, 7,81% penggunaan jasa pembayaran, dan 1,73% penggunaan jasa pengiriman paket. Berdasarkan hal tersebut, usaha Agen Pos “Odang” pada Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur dirasa cukup menjanjikan. Akan tetapi, faktor tersebut tidak dapat dijadikan acuan kelayakan bisnis pada daerah tersebut. Sehingga perlu dilakukan analisis kelayakan usaha secara mendalam pada Kecamatan Haurwangi terhadap lima aspek yaitu, aspek teknis, aspek hukum, aspek management, aspek pasar, dan aspek finansial. Pembahasan aspek teknis akan berisi persyaratan lokasi dan layout serta kebutuhan prosedur kerja. Pembahasan aspek hukum akan berisi tahapan perizinan yang dibutuhkan dan hambatan dalam membuat perizinan Agen Pos “Odang”. Aspek management akan membahas aktivitas dan waktu yang dibutuhkan sebelum menjalankan usaha serta tenaga kerja yang dibutuhkan. Aspek pasar akan membahas peluang pasar Agen Pos “Odang”, dan analisis persaingan pasar dengan menggunakan analisis 5 Porters serta strategi analisis SWOT. Sedangkan pada aspek finansial, kelayakan usaha akan dinilai berdasarkan net present value, payback period, profitability index,dan internal rate of return yang dilakukan dalam 8 skenario dengan tiap jasa (surat, paket, dan pembayaran) dibagi ke dalam kondisi optimistic dan pessimistic. Hasil dari analisis aspek teknis, Agen Pos “Odang” dikatakan layak karena lokasi sudah sesuai dengan persyaratan, layout sudah sesuai, dan tidak ada kendala dalam kebutuhan prosedur kerja. Pada aspek hukum, Agen Pos “Odang” juga dinyatakan layak karena tidak terdapat kesulitan dalam membuat perizinan. Pada aspek management, Agen Pos “Odang” dikatakan layak melihat waktu dan aktivitas dapat dipenuhi sesuai jadwal dan tenaga kerja mudah didapat. Pada aspek pasar, Agen Pos “Odang” dikatakan layak melihat pasar yang dimiliki cukup besar, serta persaingan pasar yang sedang dan tidak ada kendala dalam pembuatan strategi pasar. Sedangkan pada aspek finansial, kelayakan usaha pada usaha Agen Pos “Odang” dikatakan tidak layak berdasarkan NPV, PP, PI, dan IRR jika melihat kondisi skenario terburuk. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Analisis kelayakan usaha Agen Pos "Odang" pada Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2011610137
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0430126001
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0427066101
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account