Abstract:
Seiring perkembangan teknologi yang semakin kompetitif khususnya di
Indonesia, persaingan di dunia industri khusus dalam bidang pangan sangat ketat.
Perusahaan harus dapat meminimasi biaya-biaya untuk mendapatkan keuntungan lebih
dari hasil penjualannya. PT Karya Subur Sentosa merupakan perusahaan yang bergerak
dalam bidang penjualan tepung tapioka. Tepung tapioka yang didapatkan berasal dari
beberapa supplier dan dijual kembali kepada retailer dan konsumen. Saat ini PT Karya
Subur Sentosa belum memiliki sistem persediaan yang baik. Perusahaan juga tidak
memiliki perhitungan yang tepat kapan harus melakukan pemesanan dan jumlah
pemesanan yang dilakukan karena perusahaan masih menggunakan intuisi serta
pengalaman dalam pemenuhan persediaannya. Hal ini dapat menimbulkan persediaan
yang berlebih atau terjadinya stockout pada persediaan. Terdapat 8 buah jenis tepung
tapioka yang diteliti yaitu Kunci Gantung, Semut, Bukit Mulya, Capung Hijau, Kunci
Gantung III, Capung Khusus, Capung Biru dan Capung Merah.
Melalui sistem metode persediaan dengan menggunakan metode fixed order
interval atau metode T, perusahaan dapat menentukan interval waktu pemesanan yang
optimal serta jumlah pemesanan yang sesuai. Untuk 8 jenis produk yang diteliti dilakukan
individual order sesuai dengan interval waktu pemesanan yang menghasilkan total biaya
terkecil. Dengan menerapkan metode T ini pada 8 jenis produk yang diteliti, perusahaan
dapat meminimasi terjadinya stockout yaitu dengan peluang terjadinya antara 0,9%
hingga 8,6% dan meminimasi biaya yang ditimbulkan persediaan yang dimiliki
perusahaan dengan total Rp 247.369.952 per tahun untuk 8 jenis produk tersebut.
Pada tahun 2015 dan tahun 2016 perusahaan mengalami kenaikan harga
produk dari supplier pada produk Kunci Gantung, Semut dan Bukit Mulya. Metode known
price increase digunakan pada perusahaan saat produk mengalami kenaikan harga.
Metode ini digunakan untuk menentukan jumlah pemesanan khusus yang optimum
dengan tujuan melakukan penghematan maksimum dari kejadian kenaikan harga.