Abstract:
Kafe Le Cordon (LC) merupakan sebuah kafe yang didirikan pada 16 April 2016
dan terletak di Desa Ciburial, Dago Pakar Atas, arah ke Tebing Keraton. Aktivitas bauran
pemasaran (7P) telah dikembangkan secara perlahan oleh pemilik Kafe LC. Akan tetapi,
aktivitas ini tidak memberikan dampak yang besar kepada konsumen untuk datang
kembali ke Kafe LC. Ini terlihat dari hasil wawancara yang dilakukan kepada 14 orang
responden dimana terdapat keluhan terkait dengan 7P kafe serta tidak adanya minat
untuk datang kembali ke Kafe LC. Dari hasil wawancara dan penelitian pendahuluan,
disusun model penelitian dimana terdapat dugaan bahwa bauran pemasaran jasa (7P)
berpengaruh langsung terhadap minat beli ulang.
Variabel penelitiannya yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang, proses,
bukti fisik, dan minat beli ulang. Untuk mengukur variabel penelitian ini, dilakukan
operasionalisasi variabel sehingga didapatkan 41 buah indikator. Dari hasil penyebaran
kuesioner, didapatkan data sejumlah 121 buah. Untuk mengetahui mana dari ke-7 buah
variabel bebas yang berpengaruh, dilakukan pengujian menggunakan metode PLS-SEM.
Hasilnya menunjukkan bahwa variabel yang mempengaruhi minat beli ulang secara
signifikan adalah variabel product, price, dan promotion.
Berdasarkan hasil pengujian yang diperoleh, dirancang usulan perbaikan untuk
ketiga variabel. Usulan perbaikan terkait variabel produk berjumlah 4 buah, di antaranya
yaitu evaluasi menu-menu yang tidak terjual selama 5 bulan terakhir, membuat paket
nasi untuk sekelompok orang dengan harga lebih murah, memilih alas makanan secara
custom (daun pisang/piring rotan), dan meminta feedback konsumen terkait cita rasa dan
porsi menu. Untuk variabel harga diberikan usulan sebanyak 2 buah yaitu benchmarking
terhadap tempat makan sejenis dan evaluasi secara berkala untuk nilai HPP. Untuk
variabel promosi terdapat 5 buah usulan yaitu mengubah blogspot menjadi website,
mengganti warna logo Kafe LC dan memindahkan posisinya, menggunakan poster digital
untuk promosi di Instagram & Facebook, memberikan reward kepada konsumen dengan
syarat tertentu, dan melakukan broadcast paket dan promo-promo tertentu. Dari ketiga
variabel, didapatkan total usulan sebanyak 11 buah.