Abstract:
Pada saat ini, banyak sekali fitnes center yang berdiri, baik itu mini gym ataupun
mega gym di kota Bandung. Hal ini mengakibatkan persaingan yang semakin ketat antar
fitness centre tersebut. Gold’s Gym Cihampelas Walk merupakan salah satu fitness
center berkategori mega gym. Namun dalam beberapa bulan terakhir terjadi masalah
berkurangnya member aktif dikarenakan kualitas layanan yang kurang baik. Untuk itu
perlu strategi yang tepat agar Gold’s Gym Cihampelas Walk tidak kehilangan
kesempatan untuk mendapatkan customer yang lebih besar. Maka dari itu perlu adanya
peningkatan terhadap kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan.
Pengukuran kualitas layanan dari segi performansi dilakukan untuk membantu
menganalisis kualitas pelayanan di Gold’s Gym Cihampelas Walk. Metode Modified
Importance Performance Analysis (Modified-IPA) digunakan untuk membandingan
performansi Gold’s Gym Cihampelas Walk dengan kompetitor utamanya yaitu Celebrity
Fitness PVJ. Dengan Modified Importance Performance Analysis diperoleh data
perbandingan antara performansi perusahaan dan performansi kompetitor utama.
Dengan mengetahui perbandingan performansi tersebut maka akan lebih mudah untuk
menentukan usulan perbaikan kualitas layanan yang sesuai dengan harapan konsumen.
Ada 31 atribut yang digunakkan untuk mengukur performansi kualitas layanan Gold’s
Gym Cihampelas Walk dan Celebrity Fitness PVJ.
Dari hasil pengolahan data yang dilakukan, diperoleh nilai performansi
perusahaan (own performance) dan nilai relative performance index. Atribut-atribut
tersebut dipetakan ke dalam empat kuadran berdasarkan nilai-nilai tersebut. Dari
keempat kuadran tersebut terdapat 18 buah atribut yang menjadi prioritas perbaikan.
Atribut-atribut yang menjadi prioritas perbaikan di antarnya adalah pencahayaan, fasilitas
modern, kelengkapan peralatan mandi. Contoh perbaikan untuk atribut tersebut adalah
pemasangan lampu jepit, penggantian alat dengan sistem semi manual, dan meeting
antar karyawan.