Abstract:
Perusahaan CV Mulia Grafika merupakan perusahan percetakan yang berada
di daerah Jakarta yang menjual berbagai macam produk. Perusahaan CV Mulia Grafika
merupakan perusahaan yang bergerak di bidang B2B. Perusahaan CV Mulia Grafika
mengalami penurunan penjualan selama beberapa tahun terakhir. Hal ini disebabkan
terdapat beberapa konsumen yang tidak melakukan pembelian lagi di perusahaan CV
Mulia Grafika. Peningkatan penjualan di perusahaan CV Mulia Grafika dapat tercapai
dengan cara membangun hubungan baik dengan konsumen. Dalam perusahaan B2B
divisi sales memiliki fungsi untuk membangun hubungan dengan konsumen. Akan tetapi
di perusahaan CV Mulia Grafika masih terdapat pembagian kerja yang tidak jelas antara
divisi marketing dan divisi sales. Perlunya perbaikan pembagian kerja yang lebih jelas
antara divisi marketing dan divisi sales. Selain itu perlunya sistem CRM untuk divisi sales
di perusahaan CV Mulia Grafika. Dengan cara membangun hubungan dengan konsumen
maka konsumen akan merasakan customer experience yang baik sehingga konsumen
menjadi setia dengan perusahaan CV Mulia Grafika. Saat ini perusahaan CV Mulia
Grafika masih belum memikirkan hubungan dengan konsumennya dilihat dari sistem
CRM saat ini belum memiliki touch point yang terintegrasi, tidak memiliki segmentasi
pasar, dan belum memperhatian customer experience dari konsumen. Dengan
menggunakan metode penerapan CRM dari Buttle yang mengusulkan perancangan
segmentasi pasar, perancangan touch point, dan perancangan sistem CRM di
perusahaan CV Mulai Grafika. Dalam perancangan sistem CRM di perusahaan CV Mulia
Grafika diperlukan informasi tentang data yang dibutuhkan menggunakan metode DDA
(Disain Database berdasarkan Aktivitas).