Abstract:
Melihat pertumbuhan internet yang tergolong pesat di Indonesia, timbul peluang bisnis
secara online atau biasa disebut dengan e-commerce. E-commerce adalah konsep
umum yang meliputi beberapa transaksi atau pertukaran informasi bisnis yang dilakukan
dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, antara perusahaan
dengan konsumen atau antara perusahaan dengan administrasi publik.
Peluang bisnis yang dapat diakses melalui website ini dimanfaatkan oleh pelaku bisnis
online dengan melihat perilaku masyarakat terhadap internet. Untuk memudahan
konsumen atau masyarakat dalam melakukan transaksi online, maka fungsi dari website
yang dibuat oleh pelaku bisnis online harus baik sesuai dengan perilaku masyarakat
terhadap internet. Untuk mengetahui fungsi dari setiap website e-commerce baik atau
tidak, maka diperlukan penilaian untuk mengetahui fungsionalitas website e-commerce
sudah berjalan dengan baik atau belum.
Terdapat beberapa kriteria yang harus diperhatikan dalam melakukan penilaian,
yaitu aksesabilitas, fungsionabilitas, dan usabilitas. Juga mempertimbangkan beberapa
aspek, yaitu tingkat keakuratan, fleksibilitas, client support, dan ketersediaan informasi
produk. Penilaian fungsionalitas yang dilakukan oleh peneliti adalah menggunakan
kuisioner.
Untuk memepermudah dalam melakukan penilaian, maka dibuat sebuah aplikasi
untuk menillai website e-commerce. Cara kerjanya adalah dengan memberikan nilai
pada kriteria-kriteria yang telah ditentukan pada masing-masing website e-commerce.
Aplikasi penilaian ini menggunakan metode fuzzy mamdani.