Abstract:
Kenneth E. Caviness seorang ahli matematika mengajukan masalah domino grid. Domino
Grid sendiri adalah permainan tentang bagaimana cara untuk menutupi papan
permainan dengan seluruh kartu domino yang tersedia. Permainan Domino Grid ini
terdiri dari papan permainan dan bone. Papan permainan adalah umumnya memiliki
ukuran 7x8 kotak yang berisi dengan angka-angka mulai dari 0 sampai dengan 6. Ada
beberapa algoritma yang dapat digunakan untuk menyelesaikan domino grid ini. Algoritma
yang akan digunakan adalah algoritma human dan odometer. Pada skripsi ini,
bahasa pemrograman yang akan digunakan adalah java. Perangkat lunak yang dibuat
akan mengimplementasi algoritma human dan odometer, dimana perangkat lunak akan
dapat menampilkan solusi dari permainan ini. Untuk ukuran papan yang cukup besar
(7x8) algoritma human dapat mendapatkan solusi permainan jauh lebih cepat daripada
odometer. Sebaliknya untuk papan yang kecil (3x4) waktu yang dibutuhkan kedua
algoritma hampir sama.