Audit operasional untuk membantu perusahaan dalam mencapai target penjualan suku cadang : studi kasus pada AUTO 2000 Cabang X

Show simple item record

dc.contributor.advisor Djajadikerta, Hamfri
dc.contributor.author Suherman, Stephanie Anette Kezia
dc.date.accessioned 2017-10-23T03:49:41Z
dc.date.available 2017-10-23T03:49:41Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp34579
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/3631
dc.description 22793 - FE en_US
dc.description.abstract Kompleksitas dunia bisnis terus meningkat yang menyebabkan timbulnya persaingan bisnis yang semakin ketat. Perusahaan dituntut untuk memiliki keunggulan kompetitif agar mampu bersaing dan mempertahankan posisinya pada era globalisasi saat ini. Namun, untuk memenangkan persaingan bisnis bukanlah hal yang mudah. Persaingan bisnis yang semakin ketat menuntut manajemen perusahaan untuk membuat strategi yang dapat membantu perusahaan dalam memaksimalkan laba yang dapat diperoleh. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk memaksimalkan laba adalah mencapai target penjualan yang telah ditetapkan. Efektivitas pencapaian target penjualan dapat dievaluasi dengan membandingkan penjualan aktual dengan target penjualan yang telah ditetapkan manajemen. Pemeriksaan operasional perlu dilakukan untuk membantu perusahaan mencapai target penjualan yang telah ditetapkan. Pemeriksaan operasional merupakan proses menganalisis dan mengevaluasi efektivitas dan efisiensi dari kegiatan internal perusahaan untuk menentukan area operasi yang memerlukan perbaikan dalam rangka peningkatan kinerja dan pencapaian tujuan perusahaan. Pemeriksaan operasional terhadap aktivitas penjualan bertujuan untuk memastikan aktivitas penjualan sudah optimal, memperoleh keyakinan bahwa aktivitas penjualan sudah mendukung pencapaian laba yang maksimal, serta memberikan saran dan rekomendasi untuk melakukan perbaikan pada aktivitas penjualan yang masih memiliki kelemahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu descriptive study. Metode descriptive study dilakukan dengan mengumpulkan data yang menggambarkan karakteristik dari variabel-variabel yang ada di perusahaan. Pengumpulan data akan dilakukan melalui dua teknik, yaitu studi lapangan dan studi literatur. Studi lapangan studi yang dilakukan langsung ke lapangan untuk mengenali dan meneliti data primer yang berkaitan dengan aktivitas penjualan, baik melalui wawancara, observasi, maupun dokumentasi. Sementara studi literatur merupakan proses mengidentifikasi informasi dari data sekunder yang tersedia, baik informasi yang sudah diterbitkan maupun informasi yang belum diterbitkan. Data yang diperoleh akan diolah melalui analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Dalam penelitian ini, AUTO 2000 Cabang X ditetapkan sebagai objek pemeriksaan operasional. AUTO 2000 Cabang X merupakan sebuah perusahaan otomotif yang bergerak dalam bidang penjualan kendaraan, perawatan dan perbaikan kendaraan, serta penjualan suku cadang (part in direct). Hasil pemeriksaan operasional menunjukkan bahwa aktivitas penjualan pada AUTO 2000 Cabang X menjadi critical problem yang memerlukan tindakan korektif. Secara umum, aktivitas penjualan yang dilakukan perusahaan belum efektif, Kelemahankelemahan perusahaan terdapat pada adanya peluang yang cukup besar untuk terjadi kehilangan penjualan, kurang jelasnya informasi yang diperoleh perusahaan terkait pengiriman dan retur pesanan pelanggan, perusahaan yang kurang mengenal kompetitornya dengan baik, dan perusahaan yang kalah bersaing dengan kompetitor. Akibat aktivitas penjualan yang belum optimal, terdapat varian terkait tidak tercapainya target penjualan yang telah ditetapkan sebesar Rp 1,217,470,000. Berdasarkan kelemahankelemahan pada aktivitas penjualan tersebut, maka dikembangkan rekomendasi yang diharapkan dapat mencapai target penjualan yang telah ditetapkan. en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.title Audit operasional untuk membantu perusahaan dalam mencapai target penjualan suku cadang : studi kasus pada AUTO 2000 Cabang X en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013130011
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0408036001
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account