Peranan Decision Support System dalam rangka membantu pengambilan keputusan manajemen untuk mendukung efektivitas kegiatan pemasaran : studi kasus pada PT. Aman Sinambung Karya

Show simple item record

dc.contributor.advisor Permatasari, Paulina
dc.contributor.author Haryanto, Franciscus Ari
dc.date.accessioned 2017-10-23T03:27:44Z
dc.date.available 2017-10-23T03:27:44Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp34589
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/3619
dc.description 22803 - FE en_US
dc.description.abstract Industri karoseri merupakan kegiatan usaha penutup kerangka mobil, truk, bus, minibus, dan fasilitas bagian dalam mobil di atas rangka dan mesin. Pada awal kemunculan industri karoseri di Indonesia, proses pembuatan karoseri masih menggunakan rangka kayu yang dilapisi dengan plat logam tipis. Namun, seiring berjalannya waktu, perusahaan yang bergerak di bidang industri karoseri mulai menggunakan teknologi dalam proses pembuatan dan pengelolaan. PT Aman Sinambung Karya yang biasa disebut PT ASKA merupakan perusahaan yang bergerak di industri karoseri. PT ASKA dalam menjalankan usahanya telah menerapkan penggunaan teknologi dalam proses pembuatan karoseri dan sistem pengelolaan perusahaan. Sistem berbasis komputer digunakan untuk mempermudah dan mempercepat proses kegiatan operasional perusahaan salah satunya adalah kegiatan pemasaran. Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang selalu dihadapkan pada berbagai pilihan yang harus diambil yang dapat menimbulkan dampak positif dan negatif. Begitu juga dengan perusahaan, dalam melakukan kegiatan usahanya, perusahaan harus mengambil keputusan terkait kegiatan usahanya dengan tepat agar terhindar dari dampak negative sehingga perusahaan harus memiliki sistem yang dapat menunjang kegiatan operasionalnya salah satunya adalah pemasaran. Pemasaran adalah aktivitas, kumpulan intuisi, dan proses untuk menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan pertukaran penawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra dan masyarakat pada umumnya. Keputusan adalah pilihan di antara alternatif yang tersedia untuk individu yang merupakan hasil dari beberapa pertimbangan fakta dan penilaian yang mengarah ke aksi tertentu. Decision Support System (DSS) adalah sistem informasi berbasis komputer yang memberikan informasi interaktif untuk mendukung manajer dan business professionals selama proses pengambilan keputusan. Dalam membangun sebuah aplikasi, metode System Development Life Cycle (SDLC) dapat menggambarkan siklus pengembangan sebuah sistem dengan membagi ke dalam lima tahapan yaitu investigation, analysis, design, implementation, dan maintenance and review. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian adalah metode deskriptif. Metode ini dilakukan untuk mengumpulkan data yang mendeskripsikan karakteristik dari orang, kejadian atau situasi yang sedang diteliti. Objek penelitian yang digunakan adalah PT Aman Sinambung Karya. Penulis membatasi ruang lingkup penelitian berupa pengambilan data hanya berdasarkan sudut pandang manajer pemasaran dan penjualan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan berupa wawancara, observasi dan studi kepustakaan mengenai DSS. DSS yang dimiliki oleh PT ASKA dinilai masih belum digunakan secara maksimal dan memiliki kelemahan. Hal tersebut terlihat dari ketidak sesuaian penggunaan DSS untuk membantu pembuat keputusan. DSS harus dapat membantu pengguna mengidentifikasi dan menetapkan masalah atau kesempatan, membantu pengguna mengidentifikasi tindakan dan memberikan berbagai informasi untuk mengidentifikasi berbagai alternatif lain terkait kegiatan pemasaran, membantu pengguna mengumpulkan informasi yang sesuai dan dapat diakses dengan model untuk memproses informasi tersebut, dan membantu pengguna memantau hasil dari pilihan yang dipilih dan menilai keputusan dari proses dan hasil. PT ASKA disarankan untuk menggabungkan sistem pemasukan, penyimpanan, dan pengolahan data dalam satu aplikasi. Penggabungan tersebut juga dilengkapi dengan pemberian fasilitas terhadap aplikasi DSS yang dapat membantu proses pengambilan keputusan yang bertujuan mendukung efektivitas kegiatan pemasaran. en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Decision Support Systems en_US
dc.subject Pengambilan Keputusan en_US
dc.subject Efektivitas Kegiatan Pemasaran en_US
dc.title Peranan Decision Support System dalam rangka membantu pengambilan keputusan manajemen untuk mendukung efektivitas kegiatan pemasaran : studi kasus pada PT. Aman Sinambung Karya en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013130168
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0419107101
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account