Peranan analisis profitabilitas pelanggan dengan menggunakan sistem activity based costing dalam menentukan tindakan tepat untuk pelanggan : studi kasus pada PT. NTP

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yuniawati, Atty
dc.contributor.author Haidi, Fauzan
dc.date.accessioned 2017-10-21T06:44:56Z
dc.date.available 2017-10-21T06:44:56Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp34551
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/3573
dc.description 22765 - FE en_US
dc.description.abstract Industri perawatan pesawat adalah salah satu industri yang sedang berkembang di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari tingginya penggunaan pesawat terbang untuk perjalanan wisata maupun bisnis. Pesatnya perkembangan penggunaan pesawat terbang di dunia menyebabkan meningkatnya kebutuhan jasa perawatan pesawat terbang sehingga menimbulkan peningkatan permintaan. Perusahaan penyedia jasa perawatan pesawat terbang ini tentu saja harus dapat melakukan tindakan – tindakan terhadap pelanggan agar dapat mengambil kesempatan di pasar serta memberikan keuntungan secara maksimal bagi perusahaan. Perusahaan harus melakukan pengambilan keputusan secara tepat atas alternatif yang tersedia guna memberikan tindakan yang tepat untuk memuaskan pelanggan. Salah satu cara yang dapat digunakan agar keputusan yang diambil perusahaan menjadi lebih tepat adalah dengan melakukan analisis profitabilitas pelanggan yang ditawarkan menggunakan sistem activity based costing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan sistem activity based costing untuk menghitung biaya aktivitas dan laba pelanggan yang kemudian informasi ini dapat digunakan perusahaan untuk memberikan tindakan yang tepat dalam melayani pelanggan. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif analitis dengan data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dan observasi pada PT NTP untuk mengetahui aktivitasaktivitas yang terjadi terkait jasa perbaikan turbin pesawat pelanggan dan mengetahui struktur perusahaan. Data sekunder didapatkan dari studi kepustakaan, terutama teori mengenai sistem activity based costing. Penelitian ini dipusatkan pada divisi turbin pesawat untuk dapat mengetahui aktivitas terkait jasa perbaikan turbin pesawat sehingga dapat dilakukan perhitungan biaya dan laba pelanggan menggunakan sistem ABC. Setelah dilakukan penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem activity based costing yang digunakan untuk menghitung biaya dan laba pelanggan dapat menghasilkan informasi perhitungan biaya dan laba pelanggan yang lebih akurat dan dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan untuk melakukan tindakan yang tepat terhadap pelanggan. Untuk saran yang dapat diberikan penulis adalah agar perusahaan menerapkan sistem ini sebab dalam jangka panjang informasi perhitungan biaya ini dapat menguntungkan perusahaan misalnya dalam pengambilan tindakan yang tepat terhadap pelanggan untuk mendapatkan loyalitas pelanggan dan mendapatkan keuntungan maksimal dari bisnis jasa perawatan turbin pesawat. Tindakan khusus yang disarankan penulis kepada perusahaan untuk melayani pelanggan adalah menekan biaya pada saat perencanaan aktivitas perbaikan turbin pesawat dan menawarkan kemudahan pelunasan perbaikan turbin pesawat dengan menggunakan jasa pendanaan pihak ketiga untuk pelanggan W1; memberikan denda atau diskon kepada pelanggan W2 dan X2 agar mereka melunasi pembayaran; melepaskan pelanggan X2 bila tidak ada itikad baik untuk melunasi pembayaran terhadap perusahaan dan memanfaatkan pelanggan Y sebagai sarana promosi secara tidak langsung. Tindakan umum yang disarankan penulis kepada perusahaan adalah pihak pembuat kontrak mendesain ulang perencanaan proses perbaikan turbin pesawat sehingga penghematan biaya dapat dilakukan pada awal perencanaan perbaikan turbin pesawat. Kata kunci: analisis profitabilitas pelanggan, sistem ABC, tindakan tepat untuk pelanggan. en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.title Peranan analisis profitabilitas pelanggan dengan menggunakan sistem activity based costing dalam menentukan tindakan tepat untuk pelanggan : studi kasus pada PT. NTP en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2011130209
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0416067101
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account