Profiling konsumen E-commerce : studi pada pengguna Blibli, Lazada, Berrybenka, Zalora, Bukalapak, dan Tokopedia

Show simple item record

dc.contributor.advisor Istiharini
dc.contributor.author Reyner, Brandon
dc.date.accessioned 2017-10-20T06:14:01Z
dc.date.available 2017-10-20T06:14:01Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp34451
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/3531
dc.description 22665 - FE en_US
dc.description.abstract Pengguna Internet terbagi dalam berbagai jenis, salah satunya adalah yang memiliki alasan untuk berbelanja online. Belanja online atau yang biasa disebut e-commerce adalah segala bentuk kegiatan transaksi jual-beli yang dilakukan melalui media digital pada jaringan internet. E-commerce terus berkembang dan menjadi sektor bisnis yang menjanjikan pada era digital ini disebabkan oleh perilaku konsumen banyak beralih dalam hal transaksi produk salah satunya dari belanja konvensional ke belanja online. Perusahaan E-commerce terus bertumbuh dan bertambah, beberapa e-commerce tersebut adalah Blibli, Lazada, Berrybenka, Zalora, Tokopedia, dan Bukalapak. Perbedaan preferensi konsumen akan menjadi faktor penentu mengapa konsumen memilih melakukan sikap pembelian atau aktivitas belanja online pada situs/aplikasi e-commerce. Setiap situs/aplikasi e-commerce memiliki karakteristik dan jenis yang berbeda antara satu situs/aplikasi dengan situs/aplikasi lainnya. Hal tersebut yang menimbulkan preferensi konsumen yang berbeda-beda. Preferensi konsumen terdapat dalam gambaran proses keputusan pembelian. Preferensi konsumen yang sangat beragam dan kompleks dikarenakan banyaknya karakteristik yang mempengaruhi dan hubungan yang saling berinteraksi antara karakteristik tersebut. Karakteristik konsumen yang mempengaruhi preferensi adalah budaya, social, pribadi, ekonomi dan psikologis. Pada akhirnya, penting bagi perusahaan untuk mengetahui profil konsumen mereka, sehingga perusahaan bisa mengetahui siapa sebenarnya konsumen aktual mereka dan seperti apa karakteristik-karakteristik yang mereka miliki. Dengan mengetahui hal tersebut perusahaan juga bisa mengevaluasi apakah segmen yang ingin mereka tuju sudah sesuai dengan strategi pemasaran perusahaan Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah exploratory research dan berdasarkan tujuan yang ingin dicapai penelitian ini bersifat applied research karena dapat memberikan gambaran mengenai fenomena yang terjadi dan kemudian digunakan sebagai salah satu sarana untuk mengetahui profil sesungguhnya yang dimiliki oleh tiap e-commerce yang dipilih sebagai objek penelitian Hasil penelitian menunjukkan adanya beberapa perbedaan dan beberapa persamaan profil konsumen masing-masing e-commerce yang akan disajikan dalam bentuk tabel dan dijelaskan secara kualitatif. en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject belanja online en_US
dc.subject E-commerce en_US
dc.subject preferensi konsumen en_US
dc.subject profil konsumen en_US
dc.subject explanatory research en_US
dc.subject kuesioner en_US
dc.title Profiling konsumen E-commerce : studi pada pengguna Blibli, Lazada, Berrybenka, Zalora, Bukalapak, dan Tokopedia en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013120200
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428047902
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account