dc.description.abstract |
Pengguna Internet terbagi dalam berbagai jenis, salah satunya adalah yang memiliki alasan untuk berbelanja online. Belanja online atau yang biasa disebut e-commerce adalah segala bentuk kegiatan transaksi jual-beli yang dilakukan melalui media digital pada jaringan internet. E-commerce terus berkembang dan menjadi sektor bisnis yang menjanjikan pada era digital ini disebabkan oleh perilaku konsumen banyak beralih dalam hal transaksi produk salah satunya dari belanja konvensional ke belanja online. Perusahaan E-commerce terus bertumbuh dan bertambah, beberapa e-commerce tersebut adalah Blibli, Lazada, Berrybenka, Zalora, Tokopedia, dan Bukalapak.
Perbedaan preferensi konsumen akan menjadi faktor penentu mengapa konsumen memilih melakukan sikap pembelian atau aktivitas belanja online pada situs/aplikasi e-commerce. Setiap situs/aplikasi e-commerce memiliki karakteristik dan jenis yang berbeda antara satu situs/aplikasi dengan situs/aplikasi lainnya. Hal tersebut yang menimbulkan preferensi konsumen yang berbeda-beda. Preferensi konsumen terdapat dalam gambaran proses keputusan pembelian. Preferensi konsumen yang sangat beragam dan kompleks dikarenakan banyaknya karakteristik yang mempengaruhi dan hubungan yang saling berinteraksi antara karakteristik tersebut. Karakteristik konsumen yang mempengaruhi preferensi adalah budaya, social, pribadi, ekonomi dan psikologis.
Pada akhirnya, penting bagi perusahaan untuk mengetahui profil konsumen mereka, sehingga perusahaan bisa mengetahui siapa sebenarnya konsumen aktual mereka dan seperti apa karakteristik-karakteristik yang mereka miliki. Dengan mengetahui hal tersebut perusahaan juga bisa mengevaluasi apakah segmen yang ingin mereka tuju sudah sesuai dengan strategi pemasaran perusahaan
Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah exploratory research dan berdasarkan tujuan yang ingin dicapai penelitian ini bersifat applied research karena dapat memberikan gambaran mengenai fenomena yang terjadi dan kemudian digunakan sebagai salah satu sarana untuk mengetahui profil sesungguhnya yang dimiliki oleh tiap e-commerce yang dipilih sebagai objek penelitian
Hasil penelitian menunjukkan adanya beberapa perbedaan dan beberapa persamaan profil konsumen masing-masing e-commerce yang akan disajikan dalam bentuk tabel dan dijelaskan secara kualitatif. |
en_US |