Abstract:
Pesatnya perkembangan teknologi di Indonesia berdampak pada kehidupan sehari – hari begitu juga dengan perekonomian. Penggunaan internet di Indonesia menunjukkan bahwa beberapa perusahaan telah menggunakan internet sebagai tempat untuk berbisnis, yang dikenal dengan e-commerce .Tidak hanya menjual produk, aktivitas dalam e-commerce meliputi pelayanan, sistem pembayaran , pemasaran serta penyediaan informasi mengenai produk perlu dilakukan untuk memudahkan konsumen dalam berbelanja. Marketplace X merupakan salah satu marketplace ternama di Indonesia yang menjual berbagai kebutuhan konsumen mulai dari gadget, kosmetik, pakaian, makanan , minuman dan berbagai produk kebutuhan sehari – hari lainnya. Kosmetik merupakan produk kebutuhan bagi wanita yang ingin mempercantik penampilannya, dengan keterbatasan waktu dan biaya, bisnis kosmetik online pun semakin diminati oleh para wanita . Marketplace X menjalin hubungan kerja dengan berbagai perusahaan kosmetik ternama, namun pada hasil preliminiary research yang dilakukan pada wanita berumur 18-25 tahun, mereka menyatakan bahwa tempat berbelanja kosmetik yang paling diminati adalah online store berbasis Instagram yang merupakan sebuah aplikasi media sosial. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul : “Perbandingan online store berbasis Instagram dan Marketplace X berdasarkan keempat atribut online store dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian produk kosmetik oleh mahasiswi UNPAR”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk : Mengetahui persepsi konsumen terhadap atribut online store , mengetahui keputusan pembelian konsumen, mengetahui pengaruh atribut online store dan mengetahui perbedaan pengaruh pada online store berbasis Instagram dan marketplace X dari keempat atribut online store terhadap keputusan pembelian produk kosmetik pada mahasiswi UNPAR.
Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah penelitian deskriptif yaitu dengan menguraikan sifat atau karakteristik dari mahasiswi UNPAR dalam kegiatan berbelanja kosmetik secara online pada toko online berbasis Instagram dan marketplace X melalui pengukuran empat atribut online store menurut (Park & Kim, 2003) yaitu merchandising, customer service & promotion, navigation & convenience, dan security.
Berdasarkan hasil pembahasan, fitur – fitur dalam online store berbasis Instagram dinilai lebih baik dari Marketplace X. Tingkat keputusan pembelian konsumen pada online store berbasis instagram pun di rasa lebih baik dari pada Marketplace X. Hal ini dikarenakan online store berbasis Instagram memiliki fitur untuk berkomunikasi secara langsung dengan penjual produk sehingga konsumen mendapatkan kebutuhan informasi yang lebih detail. Terdapat pula pengaruh secara simultan dari keempat atribut online store terhadap keputusan pembelian konsumen pada online store berbasis Instagram dan marketplace X. Berdasarkan hasil uji beda dapat disimpulkan bahwa online store berbasis Instagram memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan marketplace X.