dc.description.abstract |
Pendahuluan – Tupperware adalah perusahaan multinasional yang menawarkan produk peralatan rumah tangga berbahan plastik berkualitas. Munculnya berbagai merek baru menyebabkan persaingan ketat di dalam industri peralatan rumah tangga ini. Dalam observasi secara langsung, penulis menemukan sebuah fenomena dimana pengguna plastic container dengan merek Tupperware lebih sedikit dibandingkan merek lain. Dengan gejala tersebut, penulis tertarik untuk melakukan studi pendahuluan atau preliminary research berupa wawancara tidak terstruktur kepada pengguna yang paham akan Tupperware mengenai pengalaman mereka dalam menggunakan produk Tupperware. Wawancara ditujukan untuk menguatkan gejala awal yang terlihat melalui observasi penulis.
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh persepsi konsumen atas harga, kualitas produk, dan aksesibilitas terhadap kepuasan konsumen dan dampaknya pada niat beli ulang. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas (X) yaitu harga, kualitas produk, dan aksesibilitas serta variabel intervening (Z) kepuasan konsumen dan yang terakhir variabel terikat (Y) niat beli ulang.
Metode – Penelitian ini menggunakan metode survey dengan cara membagikan kuesioner kepada 150 konsumen yang paham akan produk Tupperware. Selain itu digunakan model regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh dari variabel harga, kualitas produk, dan aksesibilitas (X) terhadap variabel kepuasan konsumen (Z) dan model regresi linier tunggal untuk mengetahui pengaruh dari variabel kepuasan konsumen (Z) terhadap variabel niat beli ulang (Y).
Temuan – Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi harga, kualitas produk, dan aksesibilitas pada variabel (X) berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap kepuasan konsumen (Z). Serta kepuasan konsumen (Z) berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap niat beli ulang. |
en_US |