dc.description.abstract |
Sajian kuliner di Kota Bandung dari waktu ke waktu semakin meningkat. Tidak heran bahwa bisnis kuliner menjadi salah satu bisnis yang sedang dinikmati saat ini. Bisnis makanan penutup atau dessert merupakan salah satu bagian dari bisnis kuliner. Kota Bandung memiliki banyak tempat dessert yang menarik, salah satunya ialah Arromanis Corner Store. Salah satu pertimbangan konsumen ketika memilih merek tempat dessert sebagai preferensi mereka, yaitu variasi produk. Penelitian ini mengenai pengaruh kepuasan konsumen pada variasi produk terhadap preferensi merek dessert Arromanis Corner Store.
Variasi produk meliputi variasi harga, ukuran, tampilan, bahan-bahan, dan rasa berdasarkan beberapa pendapat ahli yaitu Kotler & Keller (2012), Mehrjoo & Pasek (2014), Tjiptono (2015), Nuryanti & Rahman (2008), dan Wan, Dresner, & Evers (2014). Ukuran brand preference mengacu pada Fongana (2009) yang dikemukakan didalam jurnal milik Halim, Dharmayanti, Karina, & Brahmana (2014).
Penelitian ini menggunakan metode eksplanatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden, menggunakan teknik judgemental sampling dengan kriteria konsumen yang sudah mengunjungi dan mengonsumsi produk Arromanis Corner Store dalam enam bulan terakhir. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deksriptif dan analisis regresi linier berganda.
Secara keseluruhan konsumen cukup puas pada variasi produk yang ditawarkan Arromanis Corner Store. Konsumen puas atas variasi tampilan dan bahan-bahan yang ditawarkan Arromanis Corner Store, namun konsumen cukup puas pada variasi harga, ukuran, dan rasa . Preferensi merek (brand preference) dessert Arromanis Corner Store berada pada tingkat sedang. Kepuasan konsumen atas variasi produk memberikan pengaruh sebesar 77,4% terhadap preferensi merek (brand preference) dessert Arromanis Corner Store. Variasi produk yang terdiri dari variasi harga, ukuran, tampilan, dan rasa memberikan pengaruh yang signfikan terhadap brand preference Arromanis Corner Store, masing-masing sebesar 0,347, 0,171, 0,225, dan 0,430. Akan tetapi, variasi bahan-bahan tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap brand preference. |
en_US |