Abstract:
Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat, sangat umum bagi masyarakat menggunakan transportasi udara, hampir seluruh masyarakat dunia mengetahui tentang adanya jasa penerbangan. Masyarakat pun dihadapkan dengan begitu berbagai macam pilihan jasa maskapai penerbangan. Brand trust yang positif dapat membangun kepercayaan konsumen terhadap merek. Jika konsumen sudah percaya akan suatu merek tertentu, maka konsumen akan memiliki niat beli yang lebih besar akan merek tersebut dibandingkan merek tertentu yang mereka belum percaya. Objek penelitian ini adalah brand trust Lion Air Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepercayaan merek dan pengaruhnya terhadap purchase intention maskapai penerbangan Lion Air. Penulis melakukan teknik judgement sampling. Ukuran sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 100 responden dengan populasinya yaitu mahasiswa UNPAR yang belum pernah menggunakan maskapai Lion Air, tetapi sudah pernah menggunakan transportasi udara, dan mempunyai keinginan atau niat beli untuk menggunakan suatu jasa penerbangan. Teknik analisis data yang dilakukan adalah secara deskriptif dan analisis linear berganda.
Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa kedua dimensi brand trust secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap purchase intention Lion Air Indonesia sebesar 58,1%. Secara parsial, yang mempengaruhi purchase intention secara signifikan adalah kedua dimensi brand trust yaitu brand reliability dan brand intention.