Abstract:
Globalisasi pada saat ini telah mengacu pada perkembangan budaya dan perilaku masyarakat dalam memilih gaya hidup yang sesuai dengan perkembangan media dan budaya popular saat ini. Budaya popular Korea wave atau yang disebut dengan Hallyu merupakan budaya populer dari Korea Selatan. Hal ini dapat dilihat dari populernya film, drama, dan musik pop Korea di seluruh penjuru dunia. Kepopuleran Korean wave ternyata juga mampu mempengaruhi preferensi terhadap produk Korea lainnya seperti kosmetik. Maraknya kecantikan wanita Korea disertai dengan pengaruh Korean wave menyebabkan banyaknya bermunculan merek kosmetik Korea. Produk kosmetik tersebut menggunakan idola maupun aktor atau aktis sebagai endorser, dan ternyata sukses menarik para penggemar untuk membeli produk mereka. The Face Shop yang merupakan salah satu merek kosmetik Korea, menggunakan Suzy dan Kim Soo-hyun yang merupakan salah satu celebrity yang terkenal sebagai celebrity endorser mereka. Keberadaan celebrity endorser sangat diperlukan untuk mendukung promosi serta mempresentasikan produk yang bersangkutan. Hal itu juga dilakukan guna menguatkan citra dari produk yang diwakilkan celebrity agar dapat mengakar kuat di masyarakat. Menurut Kotler dan Keller (2009), celebrity endorser merupakan penggunaan narasumber (source) sebagai figur yang menarik atau populer dalam iklan, hal ini merupakan salah satu cara kreatif menyampaikan pesan agar pesan yang disampaikan dapat mencapai perhatian yang tinggi dan dapat diingat. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang “ANALISA PENGARUH ATRIBUT CELEBRITY EDORSER (SUZY DAN KIM SOO-HYUN) TERHADAP NIAT BELI KOSMETIK MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KATOLIK PARAHYANGAN”.
Objek penelitian ini adalah merek produk kosmetik The Face Shop. Penulis memilih The Face Shop karena merupakan merek kosmetik yang terkenal di Korea. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah deskriptif untuk menerangkan hubungan antara celebrity endorser dengan niat beli konsumen pada produk kosmetik The Face Shop. Pada pengumpulan data, penulis membagikan kuesioner kepada responden yang mengetahui Suzy dan Kim Soo-hyun sebagai celebrity endorser The Face Shop. Penulis juga mengajukan beberapa pertanyaan dalam wawancara yang tidak terstruktur kepada para responden mahasiswi UNPAR dari berbagai jurusan. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan program SPSS.
Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa persepsi konsumen terhadap Suzy dan Kim Soo-hyun sebegai celebrity endorser The Face Shop mendapatkan penilaian baik dengan nilai rata-rata sebesar 3,90, dengan rincian trustworthiness mendapat penilaian baik yaitu sebesar 3,66, expertise mendapat penilaian baik yaitu sebesar 3,96, attractiveness mendapat penilaian baik yaitu sebesar 3,84, respect mendapat penilaian baik yaitu sebesar 4,17, dan similarity mendapat penilaian baik yaitu sebesar 3,89. Niat beli konsumen terhadap produk The Face Shop juga mendapatkan penilaian tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 3,74. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Suzy dan Kim Soo-hyun sebagai celebrity endorser memiliki pengaruh pada niat beli produk The Face Shop. Variabel Celebrity Endorser mempengaruhi Niat Beli produk The Face Shop sebesar 49,8% sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti.